BREAKING NEWS
Bawaslu kabulkan permohonan PBB

Bawaslu perintahkan KPU teliti ulang dokumen pendaftaran pemilu PBB

Jakarta, SUARA TANGERANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum  disingkat Bawaslu RI dalam putusannya memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk meneliti ulang dokumen pendaftaran keikutsertaan Partai Bulan Bintang (PBB) dalam Pemilu 2019.

Penelitian ulang itu harus dilakukan KPU dalam tiga hari sejak putusan Bawaslu dibacakan pada hari Rabu sore, 14 November 2017.

Dalam putusan tersebut, Bawaslu juga menegaskan bahwa pengisian Sipol bukanlah syarat pendaftaran bagi parpol untuk ikut Pemilu. Sipol hanyalah alat bantu demi efektifitas kinerja administrasi. Bawaslu berpendapat bahwa penyerahan dokumen yang lengkap oleh PBB harus lebih diutamakan dibanding pengisian data elektronis melalui Sipol.

Dengan putusan tersebut, Bawaslu menganulir Surat KPU 20 Oktober 2017, yang menyatakan bahwa dokumen yang diserahkan PBB tidak lengkap dan tidak dapat dilanjutkan ke tahap penelitian selanjutnya.

Selanjutnya, dalam waktu tiga hari ke depan, KPU harus meneliti kembali bukti yang diserahkan PBB ke Bawaslu. Dokumen itu terdiri atas 1 DPP PBB,  34 DPW provinsi, 55 DPC kabupaten/kota dan 5000-an data dari pengurus kecamatan seluruh tanah air, serta dokumen2 terkait lainnya.

Setelah penelitian ulang tersebut, KPU harus memutuskan dokumen PBB sudah lengkap atau tidak untuk diloloskan ke tahap berikutnya, yakni keputusan bahwa PBB dan partai-partai lainnya ikut Pemilu pada bulan Februari 2018 yang akan datang.

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra yang hadir dalam pembacaan putusan Bawaslu itu mengatakan bahwa dokumen yang diserahkan PBB sudah sangat lengkap sebagaimana telah diperiksa dalam sidang Bawaslu.

Karena itu Yusril persilahkan KPU untuk meneliti ulang dokumen yang sudah diserahkan oleh PBB dan dalam tiga hari memutuskan PBB lolos atau tidak untuk menjadi peserta Pemilu 2019. Dari dokumen yang ada dia melihat tidak ada alasan KPU tidak meloloskan PBB.

“Silahkan KPU untuk meneliti ulang dokumen yang sudah diserahkan PBB, dan dalam tiga hari  kedepan, KPU harus memutuskan lolos  atau tidaknya PBB untuk menjadi pertas Pemilu 2019. Namun, saya menilai dari dokumen yang ada, tidak ada alasan bagi KPU untuk tidak meloloskan PBB,” ujar Yursil di Jakarta, Rabu (15/11).

 [1st/*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow keren, ini cara Benyamin-Pilar buat Tangsel semakin unggul dan lestari

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com