KPPU Kungjungi RPH di Tangerang

Kunjungi RPH, jelang natal dan tahun baru, KPPU pastikan pasokan daging sapi cukup dan harga relatif stabil

Tangerang, SUARA TANGERANG – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) kunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) di Karawaci, Kabupaten Tangerang dan daerah Semanan, Jakarta Barat, Selasa (12/12).

Kunjungan tersebut dilakukan berdasarkan hasil rapat koordinasi salah satu tujuan menjaga pasokan dan harga pangan strategis menjelang natal dan tahan baru relatif stabil.

“KPPU telah memetakan pola produksi maupun distribusi komoditas pangan strategis mulai dari hulu sampai hilir,” kata KPPU Syarkawi Rauf.

Kemudian, Syarkawi menyatakan KPPU juga telah memetakan potensi adanya gangguan di rantai distribusi komoditas pangan strategis.

“Gangguan bisa berupa tindakan menahan pasokan, tindakan yang dilakukan bersama-sama pengusaha mengurangi pasokan membuat barangnya langka dan harga menjadi mahal. KPPU juga telah mengidentifikasi pelaku usaha yang merugikan melalukan menahan pasokan,” jelasnya.

Saat mengunjungi RPH, Kata Syarkawi mengatakan temuan di lapangan telah terjadi peningkatan permintaan menjelang natal dan tahun baru.

“Meskipun permintaan meningkat tetapi harga turun, di RPH Karawaci turun yang tadinya harga sapi hidup Rp 42.500 perkilo menjadi Rp 41.500 perkilo turun Rp 1000 per kilo,” katanya.

“Disini (RPH Semanan) pun sama, biasanya mereka mereka menjual paha sapi belakang Rp 110.000 sekarang mereka menjual Rp 100.000, yang biasanya dijual harga Rp 85.000 mereka menjual Rp 80.000,” jelasnya.

Artinya, lanjut Syarkawi fakta – fakta yang disampaikan saat rapat koordinasi pasokan sapi menjelang natal dan tahun baru cukup, faktanya memang cukup.

“Berdasarkan data yang ada, kebutuhan daging sapi bulan Desember 50.479 ton, yang tersedia di pasar kebutuhan yang sanggup dipenuhi pemerintah dan swasta 70.662 ton, artinya masih ada kelebihan 20.183 ton.

“Bahkan berdasarkan data yang ada siap masuk 10.000 ton daging sapi dan 6.000 daging kerbau sehingga tidak ada alasan lonjakan harga dan tidak ada lagi alasan penurunan pasokan daging sapi ke pasar, kebutuhan bulan Desember terpenuhi,” katanya. (YCR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Benyamin Davnie: Corona sangat mematikan, duka DKI bisa kita rasakan

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Meninggalnya Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah karena terpapar COVID-19 ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com