Retno Lestari Komisioner KPAI

KPAI prihatin, kekerasan di dunia pendidikan semakin massif dan mengerikan

Jakarta, SUARA TANGERANG –  Salah satu dari cacatan kritis Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) terkait pendidikan Indonesia sepanjang 2017 adalah, kekerasan yang semakin massif dan mengerikan, baik yang dilakukan siswa maupun dilakukan guru.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Lestari mengatakan, KPAI tentu saja prihatin dengan kekerasan di dunia pendidikan yang semakin massif dan mengerikan di sekolah,  bahkan beberapa kasus memakan korban, seperti galadiator di Rumpin, kabupaten Bogor yang menewaskan MRS karena luka pacokan.

Dia juga menilai, trend kasus-kasus kekerasan di kalangan anak-anak yang bahkan disertai disertai penjarah seperti kasus Geng Motor “Jepang” di Depok.

“Oleh karena itu, KPAI mendorong Kemendikbud dan Kemenag untuk memiliki program yang dapat mewujudkan sekolah aman dan nyaman untuk peserta didik atau bisa diistilah dengan sekolah ramah anak (SRA),” kata Retno, Rabu (27/12).

Lanjutnya, salah satu upaya yang harus dilakukan Kemdikbud dan Kemenag dalam mewujudkan SRA adalah menyiapkan para guru dan kepala sekolah memahami aturan-aturan terkait perlindungan anak dan juga pendidikan tentang psikologi anak.

Retno pun menyampaikan kalau sudah semestinya  guru-guru dan kepsek harus diberi pelatihan cara mencegah dan menangani kekerasan di sekolah, karena banyak guru dan kepala sekolah gagap dalam menghadapi kekerasan di sekolah.

Selain itu, kata Retno, KPAI mendorong pemerintah  untuk  melakukan percepatan dan sosialisasi program sekolah ramah anak (SRA), karena jumlah sekolah yang mendeklarasikan SRA saat ini baru mencapai 2800 sekolah dari 260.000 sekolah atau baru sekitaar 0,09%.

Senada, FSGI dalam release yang disampaikan di Jakarta pada Selasa, 26 Desember kemarin juga merekomendasikan hal yang sama dengan Retno untuk mencegah dan menangani kekerasan di sekolah, salah satunya dengan melakukan percepatan dan sosialisasi program sekolah ramah anak. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Telkomsel bersama Kementerian Agama perkuat inisiatif program Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh

Jakarta, SUARA TANGERANG – Telkomsel terus meningkatkan kontribusi nyata dalam mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com