Gempa susulan Lebak Banten

Gempa bumi tektonik magnitude 5,0 SR kembali guncang Jakarta dan Jabar bagian barat

Jakarta, SUARA TANGERANG  – Setelah diguncang gempa bumi dengan magnitude 6,1 SR di kedalaman 10 Km, lokasi 7.21 LS – 105.91 BT, 81 km Barat Daya Lebak – Banten, Selasa ( 23/1)kemarin.

Hari ini, Rabu, 24 Januari 2018, pukul 13.32.45 WIB, wilayah Banten, Jakarta,  dan Jawa Barat bagian barat kembali diguncang gempa bumi tektonik. Hasil update analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=5,0 terjadi dengan koordinat episenter pada 7,21 LS dan 105,99 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 72 km BaratDaya LEBAK-BANTEN pada kedalaman 44 km.

“Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan gempabumi dirasakan di daerah Cimandiri, Panggarangan-Lebak, Cikande-Serang, Ujung Genteng, Curug Kembar, Kota Sukabumi, Jakarta, Tangerang dan  Bekasi  dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI). Sementara Bogor, Cianjur, dan Depok merasakan guncangan dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Informasi tersebut sesuai dengan informasi dari masyarakat, “ kata Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, kepada suaratangerang.com, Rabu siang (24/1).

Lanjutnya, gempa bumi di Selatan Banten  ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Gempa bumi ini termasuk dalam gempa susulan Gempa bumi  Selatan Banten 23 Januari 2018 dengan kekuatan M=6,1. Hingga saat ini sudah tercatat 46 gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkas Daryono. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Presiden Jokowi

Puncak peringatan Harsiarnas-88, Presiden Jokowi: Pentingnya keterbukaan dan ketepatan informasi

Surakarta, SUARA TANGERANG – Puncak Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-88 diselenggarakan di Auditorium Sarsito Mangunkusumo, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com