BMKG : Frekuensi gempa susulan menurun, masyarakat dihimbau tidak cemas dan takut

Jakarta, SUARA TANGERANG – Hingga Sabtu pagi, 27 Januari 2018, hasil monitoring BMKG terhadap aktivitas gempa susulan (aftershocks) di selatan Banten sudah mencapai 58 kali kejadian.

Gempa susulan terakhir terjadi pada hari Jumat 26 Januari 2018 pukul 21.43.14 WIB tadi malam dengan kekuatan M 2,5.

Sehingga sejak tadi malam hingga pagi tadi belum terjadi aktivitas gempa susulan di Banten Selatan.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gwmpabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, memperhatikan distribusi aktivitas gempa susulan yang terjadi, tampak frekuensi kejadiannya sudah menurun drastis.

Sementara itu terkait kekuatan atau magnitudo gempa susulan tampak fluktuatif, tetapi secara umum polanya sudah melemah.

“Diperkirakan sekitar seminggu ke depan  aktivitas gempa susulan akan berakhir, “ kata Daryono, Sabtu (27/1).

Karenaya, masyarakat dihimbau untuk tidak  cemas dan khawatir. Gempa susulan lazim terjadi di setiap pasca terjadinya gempa besar.

“Gempa susulan sebaiknya harus terjadi agar akumulasi energi yang tersisa di sekitar pusat gempa segera habis  sehingga kondisi menjadi normal kembali, “ tuturnya.

Lanjutnya, melihat tren data gempa susulan yang ada, tampak sangat kecil kemungkinan akan terjadi gempa susulan yang lebih besar melebihi gempa utama M 6,1 pada Selasa 23 Januari 2018 lalu.

“Masyarakat dihimbau tidak mudah panik, kita harus bersabar menunggu proses gempa susulan berakhir. Gempa susulan memiliki karakteristik kekuatannya kecil dan tidak membahayakan,” jelas Daryono.

Selain itu kepada masyarakat dihimbau jangan mudah percaya  isu ramalan gempa, karena hingga saat ini di negara manapun belum ada yang mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan,  dimana, dan berapa kekuatan gempa akan terjadi. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Presiden Jokowi

Puncak peringatan Harsiarnas-88, Presiden Jokowi: Pentingnya keterbukaan dan ketepatan informasi

Surakarta, SUARA TANGERANG – Puncak Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-88 diselenggarakan di Auditorium Sarsito Mangunkusumo, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com