Laman Pemkot Tangsel diretas

Indonesia Hacker Rulez retas Laman Pemkot Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG –  Laman Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) www.tangerangselatankota.go.id , Selasa kemarin (6/2) diretas oleh Hacker.

Kabar diretasnya Laman Pemkot Tangsel ini didapat dari salah seorang wartawan media online di Tangsel, yang dipostingnya di wall WhatsApp Messenger, Tangsel Media Center,  Selasa  malam (6/2) pada pukul 18.42 Wib.

Berikut isi pesan tersebut :

Ada yg aneh dengan tampilan website Pemkot Tangsel.

Pada kanal Pemerintahan pada website tersebut dibagian kolom SKPD terdapat nama-nama Dinas yg ada didalam struktur pemerintahan Kota Tangsel.

Namun dibagian dinas yg paling akhir, yaitu Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel, terdapat tampilan yg janggal.

Disitu tampil gambar anime cewek seksi dengan menggunakan bra dan hanya celana dalam saja serta bertuliskan “Indonesia Hacker Rulez. Massa $No system is safe$”

Begini Tampilannya.

https://www.tangerangselatankota.go.id/main/skpd/view/56

Berdasarkan pesan tersebut, suaratangerang.com kemudian secara sengaja melihat Web atau Laman Pemkot Tangsel sebagaimana dimaksuk, namun pesan gambar yang ditinggalkan Hacker sudah tidak ada lagi di Laman Pemkot Tangsel.

Selanjutnya, untuk memastikan benar tidaknya Situs Pemkot Tangsel diretas, suaratangerang mencoba menghubungi pihak terkait di Pemkot Tangsel.  Hasilnya, dibenarkan bahwa memang ada cela yang memudahkan Situs Web Pemkot Tangsel dapat diretas.

“Kemarin memang ada celah yang kita buka untuk akses kita, hanya lalai menutup kembali,” kata pihak terkait yang nama dan jabatannya dirahasiakan redaksi suaratangerang.com, Rabu (7/2).

Dia kemudian mengatakan, “Sekarang memang sudah kita tutup.”

Terkait diretasnya Laman Pemkot Tangsel tersebut, Abu Ardan salah seorang IT yang berdomisili di Tangsel menilai bahwa, biasanya website pemerintah masih pake share hosting, jadi muda dibobol. “Alasan lainnya karena tidak menggunakan source code sendiri, dengan kata lain menggunakan CMS yang memiliki banyak cela. Sering meremehkan uji coba fath, menganggap remeh update, dan sejumlah alasan lainnya,” kata Ardan, Rabu pagi (7/2).

Ketiak ditanya, apakah Hacker yang meretas Laman Web Pemkot Tangsel ini merupakan Hacker amatiran atau profesional. Ardan mengatakan ia sulit untuk memastikan, dan tidak begitu tahu tentang dunia hacker.

“Kadang ada yang berkelompok, kadang ada yang juga perorangan. Bisa juga perorangan yang mengatasnamakan akun lain. Motifnya pun berbeda-beda, tetapi menurut pendapat saya kalau seseorang meretas situs pemerintah alasannya bukan untuk uang. Mungkin lebih condong kea rah politik atau mencari nama besar yang bisa jadi kebanggaan mereka,” pungkas  Abu Ardan. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemkot Tangerang resmikan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan pencegahan Covid19

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang secara resmi menetapkan pemberlakuan sanksi bagi ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com