GP Anshor Kanwil Depkum HAM Banten

Kanwil Kemenkumham – GP Anshor Banten gelar pengajian dan istighosah di Lapas Kelas IIA Tangerang

Tangerang, SUARA TANGERANG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham ) Banten menggelar pengajian dan istighosah sekaligus melakukan penandatanganan MoU bersama GP Ansor Banten, di Lapas Kelas II A Pemuda Tangerang, Rabu (7/2).

Penandatanganan MoU yang diwakili Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Banten dan Ketua GP Anshor Banten, Ahmad Nuri tersebut disaksikan Umum PP GP Ansor KG Yaqut Cholil Qumas KH Abuya Muhtadi Dimyati Al-Bantany, dan Kalapas Klas II A Pemuda Tangerang Marlik Subiyanto.

Selain penandatanganan MoU, juga dilakukan peresmian Pondok Pesantren Attaubah 4 yang berada di Blok B Lapas Klas II A Pemuda Tangerang. Bersamaan dengan itu juga dilakukan pengajiandan istigosah yang dipimpin KH Abuya Muhtadi Dimyati Al-Bantany.

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Ayub Suratman mengatakan, pengajian dan istighosah ini merupakan bentuk pembinaan kepada warga binaan dalam bidang keagamaan, sementara penandatangan MoU antara Kanwil Kemenkum HAM dan GP Ansor Banten terkait dengan penanganan khusus para pecandu narkoba.

“Kita sama-sama melakukan pengajian dan istighosah, dan penandatangan MoU karena ini semua dalam bentuk pembinaan kepada kepribadian warga binaan khususnya di bidang pembinaan keagamaan.” Ujarnya

Dirinya juga menjelaskan, bahwa pembinaan spiritualitas agama merupakan yang penting, supaya mereka itu kembali ke jalan yang benar menyadari kesalahannya karena warga binaan ini sudah sportif menjalani proses hukum, mulai dari penahanan kepolisian, penuntutan kejaksaan dan praperadilan mereka.

“Nanti GP Ansor akan berperan aktif dalam penanganan para pecandu narkoba, khususnya di dalam lapas.” Lanjutnya, “Bentuk penanganannya melalui terapi secara agama,” kata Kakanwil Ayub Suratman, usai penandatangan MoU.

Menurut Ayub, pembinaan spiritualitas rehabilitasi narkoba ini nantinya akan dilakukan di seluruh Rutan dan Lapas yang ada di Banten.

“Kita tahu bahwa pembinaan spiritualitas beragama merupakan yang penting supaya mereka itu kembali ke jalan yang benar, dan menyadari kesalahannya,” tambahnya.

Lebih jauh ia juga meminta kepada masyarakat termasuk media untuk bisa menjembatani dan intervensi untuk sama-sama melakukan pembinaan kepada warga binaan.

“Mereka sudah sportif melaksanakan proses hukum mulai dari penahanan kepolisian, kejaksaan dan pengadilan. Maka dari itu kita berharap GP Ansor  bisa intervensi melakukan terapi keagamaan khusus narkoba dan juga membantu juga di bidang keagamaan,” imbuhnya.

Sementara, Ketua PW GP Ansor Banten Ahmad Nuri memastikan siap membantu Kanwil Kemenkum HAM.

“Kami hadir memberikan proses penyadaran modifikasi habilitasi lewat spritual dan dimensi keagamaan,” kata Ahmad Nuri.

Dia menambahkan, dimensi kemanusiaan keagamaan dengan ajaran ahli Sunnah Wal Jamaah. “Dan yang terpenting adalah memberikan proses transformasi keagamaan secara lembut dan penuh cinta,” imbuhnya. (T’6or)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PSBB Tangsel kembali diperpanjang hingga akhir Oktober

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG –  Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menyampaikan bahwa ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com