Perlunya komitmen bersama lindungi anak dari dampak negatif internet

KPAI : Perlunya komitmen bersama lindungi anak dari dampak negatif internet

Jakarta, SUARA TANGERANG – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengajak organisasi lintas agama dan masyarakat untuk berkomitmen melindungi anak dari dampak negatif internet.  Komitmen diperlukan karena dampak dari internet seperti dua sisi mata uang. Ada yang positif, ada pula yang negatif.

“Dampak negatifnya bisa mengancam anak-anak generasi muda bangsa,” kata Komisioner KPAI Bidang Pornografi dan Cybercrime, Margaret Aliyatul Maimunah di Jakarta, Selasa (13/2).

Sementara, Stephen Balkam yang menjadi pembicara pada  Focus Grup Discussion (FGD), yang dilaksanakan di kantor KPAI Lt.3 Jalan Teuku Umar No.10 Jakarta Pusat, mengatakan untuk melindungi anak dari dampak negatif internet pelu ada komunikasi yang baik antara orang tua dengan anak dalam penggunaan internet.

“Di samping itu, perlu juga adanya komitmen antara anak dan orang tua dalam pengaturan waktu penggunaan Internet, dan tentu semuanya harus dibarengi dengan literasi digital,” kata Stephen.

Pengarah Siberkreasi dan ID-COP, Diena Hariyana yang juga menjadi pembicafa dalam FGD, mengatakan peranan orang tua dan sekolah sangat penting untuk mewujudkan anak terlindungi dari berbagai hal negatif internet.

Selanjutnya, FGD yang dilaksanakan dalam memeringati Safer Internet Day dan World Interfaith Harmony Week, yang secara resmi dibuka oleh Ketua KPAI, Susanto. Di akhir acara membuat pernyataan komitmen bersama dan ikrar yang dibacakan oleh tokoh muda agama Budha Jakarta, Ari Sutrisno tersebut, berisi :

  1. Berkomitmen untuk perlindungan anak di dunia internet;
  2. Berkomitmen untuk melakukan advokasi kepada orang tua, anak dan masyarakat terkait pentingnya upaya perlindungan anak di dunia internet;
  3. Berkomitmen untuk melaporkan jika menemui kasus terkait perlindungan anak di dunia internet.

Dengan pernyataan bersama terebut, KPAI berharap kepada Komunitas Organisasi Lintas Agama dan Masyarakat untuk peduli pada anak dengan melakukan berbagai upaya pemberian edukasi tentang perlindungan anak dari dunia internet kepada seluruh elemen masyarakat, orang tua dan anak di lingkungan lembaganya masing-masing secara efektif dan keberlanjutan, demi mewujudkan Indonesia ramah anak. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Two weeks president

Tangerang, SUARA TANGERANG – Two weeks president, istilah ini sengaja disematkan Jafar Bua kepada Presiden ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com