BREAKING NEWS
Dekopi

Resmi dibentuk, Dekopi ingin populerkan kopi sebagai komoditas unggulan Indonesia

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Menteri Pertanian periode 2004-2009, di era pemeintahan presiden SBY, Anton Prihartono mengumumkan pendirian Dewan Kopi Indonesia (Dekopi),

Menurut Anton, pendirian Dekopi dilandasi tujuan untuk mempopulerkan kopi sebagai komoditas unggulan Indonesia dan memajukan industri perkopian.

“Kopi Indonesia yang sempat tersisih oleh kopi dari negara lain, seperti kopi Vietnam. Diharapkan dapat kembali berjaya melalui peran Dekopi,” kata Anton, dalam acara press conference pameran kopi nusantara dalam rangka pencangan Hari Kopi Nasional Indonesia di Intermark Convention Hall, Jalan Lingkar Timur BSD, Serpong, Tangearng Selatanan (Tangsel), Kamis (1/3).

Lanjut Anton, Dekopi yang didirikan oleh beberapa tokoh pecinta dan pelaku kopi di Indonesia, telah dideklarasikan di Yogyakarta, pada 9 Desember 2017 lalu. Kemudian diadakan rapat stakeholder kopi yang mengesahkan Anggaran Dasar Rumah Tangga (AD/ART) Dekopi serta membentuk Tim Formatur Dekopi .

“Dekopi akan melakukan dan meningkatkan kesejahteraan para petani kopi maupun pelaku industri perkopian di Indonesia. Dekopi juga menginginkan kopi Indonesia tidak hanya dikonsumsi secara lokal, namun bisa di ekspor ke manca negara,” jela Anton.

“Selain itu, Dekopi juga akan mengusulkan adanya Hari Kopi Nasional, yang jatuh pada tanggal 11 Maret, setiap tahunnya,” katanya.

Dia kemudian menyampaikan bahwa Tim Formatur Dekopi yang diberi tugas untuk menyusun kepengurusan Dekopi, hasilnya diumumkan pada tanggal 11 Maret 2018 mendatang, bertempat di Intermark Convention Hall, Jalan Lingkar Timur BSD, Serpong, dengan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi), serta para pelaku dan para pengusaha kopi di seluruh Indonesia.

Senada, tokoh kopi Indonesia, Jamil Musanif mengatakan Dekopi ingin menjadi bagian dari masyarakat yang mencintai kopi.

“Kami ingin mengajak para pihak termasuk pelaku usaha yang terkait dengan kopi ikut berpartisipasi dari hulu selaku pembudidaya hingga hilir dari pengolahan, pemasaran dan para penjual kopi agar ikut memeriahkan acara launching pengurus Dekopi nanti, yang akan menyediakan booth tenda sebanyak 30 buah, yang digelar dari tanggal 9 – 11 Maret 2018,” kata Musanif. (H3n)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Angka kesembuhan Covid-19 di Kota Tangerang alami peningkatan

Kota Tangerag, SUARA TANGERANG – Angka penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kota Tangerang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com