BREAKING NEWS
Satlinmas Kota Tangerang

Seratus anggota Linmas Kota Tangerang ikut pembinaan dan penyuluhan

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Bidang Pembinaan Satlinmas, Satuan Polisi Pamong Praja  (Satpol PP) Kota Tangerang menggelar kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan Anggota Linmas, Tahun Anggora 2018 di Aula Kecamatan Tangerang, Selasa (13/3).

Kegiatan yang diikuti 100 anggota Linmas atau biasa dipanggil Hansip (pertahanan sipil) ini, hari-harinya mereka bertugas melakukan pengamanan lingkungan di wilayah Kecamatan  Cibodas  dan Kecamatan Tangerang.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan Satlinmas (Kabid Linmas) Satpol PP Kota Tangerang, Wawan Fauzi kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang dilaksanakan har ini, rutin digelar setiap tahun. Namun kali ini, sangat berbeda dan special, karena Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane dan Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim ikut dihadirkan sebagai pembicara terkait materi pengamanan pemilu kepada daerah (pilkada) di Kota Tangerang.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan Satpol PP Kota Tangerang setiap tahun. Namun, tahun ini memang agak lebih special, karena seratus orang peserta yang diundang dari setiap kecamatan, mereka  nantinya akan dilibatkan sebagai pamsung pilkada pada  bulan Juni mendatang,” terangnya. “Mereka akan ditugaskan menjadi pamsung di tiap-tiap TPS,” kata Wawan, Selasa (13/3).

Kepada suaratangerang.com, dia mengatakan peran Linmas dalam pengamanan hari “H” pilkada sangatlah penting, karena itu kami Satpol PP berkoordinasi, KPU dan Panwaslu berkoordinasi untuk memberikan pelatihan terkait pengamanan pilkada Kota Tangerang nanti

“Berdasarkan. perintah Menteri Dalam Negri Nomor 84 Tahun 2014 tentang Satuan Perlindungan Masyarakat atau Satlinmas. Linmas juga mempunyai hak untuk mendapatkan berupa sarana dan prasana di dalam menjalankan tugasnya, maka berkaitan itu kami saat ini terus mendata anggota Linmas baik tingkat kelurahan dan kecamatan,” terangnya.

Lebih lanjut, usai pembinaan ini, ke-100 orang anggota Linmas ini akan dilantik oleh Kepala Satpol PP atas nama Wali Kota Tangerang, sebagai anggota Linmas di kota yang dijuluki kota 1000 industri.

“Setelah dilakukan pembinaan dan pelatihan lalu memiliki  kartu anggota maka ada hak mereka, juga kewajiban pemerintah untuk memenuhinya, untuk saat ini kewajiban dan tugas utama kami adalah melakukan pendataan terlebih dahulu lalu pelatihan atau pembinaan. Targetnya, jika pendataan anggota Linmas di tahun 2018 ini usai, mereka akan langsung bertugas di lingkungannya dengan baik,”ungkap Wawan.

Menurut Wawan, data Linmas di Kota Tangerang sementara ini, ada sekitar 2.050-an anggota dan pihaknya akan terus melakukan pendataaan, mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan. “Mereka (Satlinmas.red) merupakan pionir pengamanan lingkungan yang terlibat langsung di masyarakat,” pungkasnya. (H3n)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemkot Tangerang raih dua penghargaan ISNA 2020

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Terus memberikan pelayanan masyarakat yang maksimal, di tengah pandemi Covid-19, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com