BREAKING NEWS
Lomba Tari Anggrek

Ratusan siswa SD di Tangsel ikut lomba tari anggrek

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel menggelar lomba tari anggrek tingkat Sekolah Dasar (SD). Lomba tersebut dilaksanakan di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Setu, Tangsel pada Rabu (21/3)

Menurut Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono kegiatan ini merupakan bagian dari skenario untuk membangun generasi cerdas dan berkarakter, sejalan dengan moto Tangsel yakni ceras modern dan religius.

“Kita ingin membangun generasi cerdas yang berkualitas dan memiliki daya saing. Yang harus dibangun pertama adalah karakternya. Makanya munculah istilah membangun karakter dengan akar budaya,” kata Taryono.

Sambungnya, esensi  dari kegiatan ini lebih kepada bagaimana membangun karakter yang berakar pada budaya bangsa, khususnya budaya di Tangsel.

“Selain itu kita ingin memanfaatkan ajang ini untuk sekaligus mempopulerkan tarian khas Tangsel. Di mana siswa sejak SD harus tahu kalau Tangsel juga memiliki tarian khas daerah, yaitu tari anggrek,” tuturnya.

Sementara, menurut Kabid Kebudayaan Dindikbud Tangsel Iis Nur Asih, lomba yang untuk kedua kali diselenggarakan ini diikuti oleh kurang lebih 250 siswa SD di Tangsel yang mewakili gugusnya masing-masing.

“Ini sudah dua kali diselenggarakan, tujuannnya untuk melestarikan dan mengkreatifkan seni budaya yang ada di Tangsel,” kata Iis.

Untuk menentukan siapa pemenang lomba, panitia melibatkan 3 orang juri, terdiri dari akademisi dan praktisi seni dari sanggar. Mereka akan menilai peserta dari beberapa kriteria, yakni Wiraga dilihat dari postur tubuhnya, Wirahma yaitu dilihat dari ketepatan irama dengan tariannya, juga Wirasa dilihat dari ekspresinya, dan dinilai juga kekompakan dari setiap kelompoknya.

Terlihat, para pesereta begitu antusias mengikuti lomba, selain itu juga hadir pihak sekolah termasuk kepala sekolah dan orang tua siswa, hadir untuk menyemangati anak-anaknya yang sedang lomba.

“Lomba ini juga sebagai media motivasi belajar anak, bukan hanya bercerita pelajaran saja di kelas tapi ada pengalaman langsung praktek di luar dalam ajang pentas seni,” bebernya.

Dengan lomba ini diharapkan dapat menciptakan karakter siswa, di sini mereka belajar kebersamaan dan kekompakan, ketepatan waktu dan lainnya. (1st/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wali Kota Arief buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Radio Republik Indonesia

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah hadir sekaligus membuka acara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com