BREAKING NEWS
Sosialisasi Administrasi Kependudukan

Disdukcapil Tangsel ajak guru sosialisasikan program KIA kepada orang tua siswa

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajak guru di Kota Tangsel untuk menjadi agen penyampaian informasi mengenai Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) terutama mengenai pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Tangsel.

Ajakan tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Toto Sudarto, dalam kegiatan sosialisasi administrasi kependudukan bagi aparatur pemerintah di Aula Lantai 4, Puspemkot Tangsel, Kamis (22/3).

“Kita sudah mencetak sebanyak 100 ribu KIA dari 350 ribu jumlah anak di Tangsel, untuk itu kita mengajak para guru untuk menjadi agen penyampaian program KIA kepada orang tua siswa agar terwujudnya pelaksanaan KIA pada Juli mendatang,” kata Toto.

Toto juga mengungkapkan kalau saat ini  Disdukcapil Kota Tangsel tengah melakukan berbagai inovasi yang ditujukan untuk meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan di antaranya layanan pendaftaran online dokumen kependudukan melalui Website yang dimiliki Disdukcapil Kota Tangsel, http://disdukcapil.tangerangselatankota.go.id/.

Sosialisasi administrasi kependudukan merupakan momentum yang cukup penting mengingat belum tercapainya tertib administrasi yang diinginkan, akibat belum meratanya pemahaman masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan.

Pencapaian ke arah ini memang tidak mudah, maka melalui upaya tersebut diharapkan semakin memperkuat pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap status pribadi dan hukum setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting lainnya.

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan mendekatkan pelayanan pada masyarakat, diperlukan peran serta masyarakat dan Aparatur Pemerintah dalam hal ini Guru se- Kota Tangsel sebagai implementasi pelaksanaan Permendagri No 28 Tahun 2011,”ungkapnya.

Diharapkan, dengan kegiatan ini dapat membantu mewujudkan tertib administrasi kependudukan, antara lain menyuluh, memberi informasi pentingnya Pendaftaran Penduduk , Kartu Tanda Penduduk , Kartu Keluarga , Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan , Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, Akta Pengesahan Anak dan dokumen kependudukan lainnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel Muhamad, mengharapkan dengan sosialisasi ini ada peningkatan pemahaman dan komitmen dari para penyelenggara kependudukan dan motivator masyarakat di semua jenjang dalam rangka mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan.

Sebagaimana diketahui, bahwa kinerja pelayanan masyarakat di bidang administrasi kependudukan terutama pelayanan yang menyentuh masyarakat banyak, seperti pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan lain-lain selalu dipertanyakan. Masyarakat pada era reformasi sekarang ini semakin kritis dan semakin sadar akan hak-haknya untuk memperoleh pelayanan yang baik, “Beban tugas kepada pemerintah tidaklah mudah dan melibatkan semua pihak, oleh karenanya harus ada kerjasama dan koordinasi yang sinergi untuk melahirkan kebijakan-kebijakan yang terbaik dalam bidang kependudukan,” ungkapnya.

Senada, Direktur Pencatatan Sipil GISA, Tavipiyono, mengungkapkan, dengan memiliki dokumen kependudukan maka warga akan terlindungi. “Sudah tugas Disdukcapil memberikan dokumen secara cepat dan gratis. Dokumen yang dikeluarkan merupakan pengakuan negara terkait dengan hukum di Indonesia, maka pentingnya kita mengurus dokumen kependudukan kita,”katanya. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Angka kesembuhan Covid-19 di Kota Tangerang alami peningkatan

Kota Tangerag, SUARA TANGERANG – Angka penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kota Tangerang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com