Hari Air Sedunia di Situ Gintung

Benyamin Davnie hadiri peringatan Hari Air Sedunia di Situ Gintung

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Wakil Wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengapresiasi peringatan Hari Air Sedunia yang digelar di Situ Gintung, Ciputat Timur pada Minggu, 25 Maret 2018.

Peringatan Hari Air Sedunia mengusung tema Solusi Air Berbasis Alam, Mari Kita Jaga dan Pelihara Kebersihan Serta Keindahan Situ Gintung itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Retno Prawati, Kabid Sumber Daya Air (SDA) DPU, Ajiawan dan Asda III Teddy Meiyadi, Asda I Rahmat Salam, Kepala Kesbangpolinmas, Azhar Syam’un,  Sekcam Ciputat Timur, Mukroni dan Lurah Cirendeu Win Fadlianta serta tamu undangan lainnya.

Menurut Benyamin Davnie kegiatan ini merupakan ekspresi bentuk kepedulian pada alam. Lanjutnya, peringatan Hari Air Sedunia ini juga merupakan momentum untuk  mengangkat dan membahas isu-isu serta informai tentang air sedunia.

“Penekanannya,  bahwa betapa pentingnya  kualitas dan kuantitas air itu untuk kita. Karenaya, kita dituntut  untuk lebih bijak dalam menggunakan dan merawat air sebagai sumber kehidupan,” ujarnya.

Menurutnya, pesatnya pembangunan di  Tangsel yang ditandai dengan berdirinya  perumahan, apartemen dan lain sebagainya secara langsung akan mempengaruhi lingkungan sekitar dan kualitas air di wilayah itu. Karena itu, tantangan ke depan adalah bagaiman kita semua baik itu pemerintah maupun masyarakat secara keseluruhan harus bahu membahu memikirkan bagaimana menjaga kelestarian air sebagai sumber daya alam sekaligus sumber kehidupan.

“Kini Tangsel sudah memiliki beberapa capaian di bidang lingkungan, sistim draninase dan pemeliharaan tandon. Capaian ini bentuk keseriusan pemerintah kota dalam  membangun Tangsel berkenaan dengan sumber daya air yang ada,” ucapnya.

Kata Wakil Walikota, beberapa tahun lalu Situ Gintung pernah memperlihatkan amarahnya kepada masyarakat sekitar sehingga merenggut banyak korban jiwa. Ini menjadi pelajaran berharaga agar alam tidak murka, tentu air ini sebagai wasilah  atau perantara yang pasti ketetapan ada pada Allah Swt.

“Kini Pemkot melalui  Keluranan Cirendeu serius menjaga kelestarian  Situ Gintung.  Kendati kewenangan itu ada di pemerintah pusat. Saat ini sudah tidak ada lagi keramba-keramba di dalam situ. Karena itu mari kita pergunakan dan rawat dengan baik,” ajak Benyamin.

Sementara Sustainability Head PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang Mill Tbk Kholisul Fatikhin menyampaikan dukungan penuh korporatnya dalam pemeliharaan konservasi  lingkungan seperti danau, bantara kali, situ-situ yang tersebar di wilayah Jabodetabek melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan bantuan berupa barang seperti tong sampah organic dan anorganik.

“Indah Kiat mendukung sepenuhnya kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan terutama sumber daya air. Salah satunya  dengan cara mengajarkan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampahnya baik itu di sungai atau di situ-situ,” kata alumnus Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini.

Menurutnya, bantuan tong sampah  yang nantinya akan diletakkan pada titik-titik tertentu, yang kerap dilintasi masyarakat,  di sepanjang jalan inspeksi bantaran Situ Gintung dapat menyadarkan masyarakat untuk membuang sampah dan mencemari lingkungan situ.

“Dengan adanya tong sampah secara tidak langsung masyarakat telah diajak peduli dan malu terhadap diri sendiri saat membuang sampah sembarangan dan mencemari lingkungan, saat mereka jalan-jalan di Situ,” ujarnya.

Tambahnya,  semoga peringatan Hari Air Sedunia ini mampu mengingatkan kita semua akan pentingnya kualitas air yang digunakan setiap hari.  Saat air untuk kebutuhan sehari-hari masih jernih, kita  tak perlu ber sudah payah untuk mendapatkannyai, karena itu kita perlu menjaganya.

“Jika air yang ada di bawah bumi sudah tercemar atau langka, ke mana kita harus mencarinya. Saat ini air melimpah ruah, kita asih diberikan kemudahan untuk mendapatkannya. Karenanya, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaganya, agar  kualitas dan ketersediaannya tetap terjaga dengan baik,” tandasnya. (H3n/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dadi Budaeri

Dadi Budaeri tantang Muhammadiyah Tangerang bikin International Islamic Fair

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Dadi Budaeri tantang Muhamadiyah Tangerang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com