Gerakan Peduli Sampah

Pemerintah Kecamatan Sukadiri gelar gerakan peduli sampah

Tangerang, SUARA TANGERANG –  Pemerintah Kecamatan Sukadiri bersama seluruh perangkat daerah (OPD) di Kecamatan Sukadiri melalukan kegiatan bersih-bersih sampah yang berserakan di tempat umum, selokan dan lainnya, pada Jumat pagi (6/4).

Kegiaan bersih-bersih ini,  merupakan Gerakan Peduli Sampah, yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari, Hari Air Sedunia ( World Water Day) 22 Maret, Hari Bumi Nasional (HBN), 22 April, dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ( World Environment Day) , 5 Juni mendatang.

Menurut  Camat Sukadiri, Abdullah, sebagai penghuni bumi tentunya ini merupakan gerakan untuk mengingatkan diri kita masing-masing untuk peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar agar tetap lestari, asri, bersih dan nyaman.

“Melestarikan lingkungan dan menjaga lingkungan dari sampah -Sampah yang terbuang berserakan di tempat-tempat umum semestinya menjadi perhatian kita bersama, bukan tanggung jawab sebagian kelompok atau pemerintah saja.  Artinya, masyarakat harus  sadar dan tahu, kalau membuang sampah sembarangan itu dapat mengakibatkan kerugian yang tidak bisa dianggap sepele,” kata Camat Abdullah.

Lanjutnya, masyarakat  juga harus disadarkan akan pentingnya pola hidup sehat, baik itu di rumah tinggalnya atau di lingkungannya.

Abdullah juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, di tempat-tempat umum, terumasuk di sungai demi terciptanya lingkungan yang sehat dan bebas dari sampah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Saepullah menjelaskan, bahwa kegiatan membersihkan sampah yang dilakukan seluruh perangkat daerah  Kecamatan Sukadiri  merupakan program pemerintah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan bebas dari sampah.

“Ini merupakan bagian dari bentuk edukasi kepada masyarakat, agar mereka lebih melek, dan menyadari bahwa kebersihan lingkungan sesungguhnya menjadi tanggung jawab kita semua, bukan tanggung jawab pemerintah semata, ” ujarnya.

Saepullah pun berharap  agar masyarakat lebih peduli dan mencintai lingkungan, membebaskan dunia dari Global Warming.

Senada, Ketua Komunitas Remaja Peduli Sampah (Rempah), Ruben menyampaikan kalau kegiatan bersih-besih sampah yang dilakukan seluruhperangkat daerah Kecamatan Sukadiri  ini patut diapresiasi dan dijadikan contoh oleh masyarakat untuk membebaskan lingkungan mereka dari sampah.

“Gerakan Peduli Sampah ini patut diapresiasi, dan dijadikan contoh bersama dalam membebaskan lingkungan kita dari sampah,” ucap Ruben.

Dia pun mengatakan, faedah dari gerakan ini adalah selain sebagai gerakan bersih-bersih sampah, dapat juga dimanfaatkan sebagai ajang saling silaturahmi  serta sarana untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya peran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitar.  (Aridi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiadakan mudik, Pemkot Tangerang wajibkan SIKM bagi masyarakat yang keluar kota

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang secara resmi mengeluarkan aturan bagi masyarakat ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com