Pameran Plaza Rakyat

Plaza Rakyat Tangsel, jaring 10 ribu pengunjung dan omzet puluhan juta rupiah

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Untuk pertama kalinya kegiatan besar digelar di Plaza Rakyat lingkungan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), pada Sabtu-Minggu 21-22 April 2018.

Setidaknya dalam dua hari tersebut, berhasil menjaring hampir 10 ribu pengunjung, dan perolehan omzet cukup besar oleh para pelaku UMKM yang ikut dalam kegiatan tersebut.

UMKM Jalan Bersama itulah tema besar yang diusung dalam kegiatan akbar dengan melibatkan ratusan komunitas, dan 300 UMKM dari berbagai produk kuliner kemasan 130, kuliner basah 50, fashion 20 dan craft 20. Pameran dibagi menjadi dua, di dalam pelataran plaza rakyat dan depan Balaikota.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Dahlia Nadeak menyampaikan rasa harunya atas berjalan acara tersebut dengan lancar dan meriah. Menurutnya, acara ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan dan mengembangkan UMKM, agar mereka bisa lebih mandiri, memiliki kualitas dan berdaya saing sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Ini akan dibuat berkelanjutan setiap tahunnya, dan digelar khusus.  Pemerintah akan bekerjasama dengan  UMKM untuk jalan bersama demi mewujudkan kemandirian mereka, dengan tetap memperhatikan kualitas produk, promosi dan pasar untuk semua produk yang dihasilakan,” kata Dahlia.

Omset per hari, sebagaimana ditargetkan mencapai Rp 10 juta. Apalagi saat ada pameran seperti ini selalu ada harga promo sehingga harganya pasti murah. “Itulah salah satu hal yang selalu ditunggu masyarakat saat pameran seperti ini,” sambung Dahlia.

Alasan mengapa mengambil tema Jalan Bersama, karena untuk mencapai keberhasilan perlu kerja bersama, jalan bersama. Di samping itu agar para UMKM lebih mandiri ketika mengadakan kegiatan kedepan tanpa harus dari anggaran pemerintah. nyatanya ini terbukti pendanaan dilakukan bersama-sama baik UMKM dan sponsor yang ada di wilayah Tangsel.

“Mengapa jalan bersama dengan mengandeng mereka bisa berparsitipasi dalam pembiayaan. Seperti lomba fashion show anak-anak, mewarnai tumpeng dan lain-lain agar mereka lebih mandiri saat melakukan event itu sendiri. Ini konsep jalan bersama yang akan terus dilakukan,” sambungnya.

Doorprize kulkas, kipas angin, dan televisi semua dari sponsor. Hari terkahir, yakni hari Minggu dilakukan jalan bersama mengelilingi kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangsel. Jalan bergandengan tangan antar sesama. “Ini sejarah baru di Kota Tangsel dalam mengembangkan UMKM,” pungkasnya.

Sekda Kota Tangsel, H Muhamad menyampaikan peran masyarakat dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi adalah suatu keharusan. Apalagi dengan bertambahnya jumlah penduduk, ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku UMKM. “Banyak orang banyak rezeki, mereka pasti akan mencari makan dan minum dan kebutuhan lain sehari-hari,” kata Muhamad.

Sementara, Ketua Panitia UMKM Jalan Bersama, Djay Bin Mursin mengaku bahwa acara ini terselenggarakan berkat kerjasama dari semua pihak, kerenanya ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, kepada pelaku UMKM, masyarakat dan Pemerintah Kota Tangsel. Turut hadir untuk meramaikan pameran tersebut, Dik Doank, Narji Cagur, H Yoyok dan sejumlah pejabat Pemkot Tangsel. (1st/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

APBN sebagai pemantik pertumbuhan ekonomi

Jakarta, SUARA TANGERANG – Rilis data Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) Kuartal II di berbagai negara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com