Satpol PP Kota Tangerang

Puluhan PKL di kawasan Pasar Lama dan Kali Pasir ditertibkan aparat gabungan

Kota Tangerang,SUARA TANGERANG  – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang, dibantu pihak kepolisian dan TNI menertibkan puluhan pedagang kaki lima di kawasan Pasar Lama dan Kali Pasir, Sukajadi, Kota Tangerang, Selasa (24/4).

Kepala Bidang Ketertiban Umum,  Satpol PP Kota Tangerang, Gufron Falfeli menjelaskan ketiga kawasan tersebut hampir setiap harinya pedagang kaki lima (PKL) dan parkir liar, sebagaimana dikeluhkan warga.

“PKL, dan parkir liar sering kali dikeluhkan karena warga, baik pejalan kaki maupun pengendara kendaraan bermotor, mereka merasa terganggu dengan kemacetan yang ditimbulkan aktivitas PKL dan parkir liar tersebut,”kata Gufron.

Menurutnya, operasi ini akan rutin digelar terutama di tiga titik tersebut lantaran ia khawatir lokasi tersebut bisa dijadikan tempat permanen untuk berjualan PKL sehingga pengguna jalan yang nantinya yang akan dirugikan.

“Trotoar sudah bagus, taman-taman juga sudah rapih, dan beberapa di antaranya juga sudah menjadi destinasi bagi para warga. Karena itu sudah menjadi tugas kami untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan warga,”katanya.

Ia menuturkan, bahwa penertiban tersebut sengaja dilakukan pihaknya, dan beberapa alat bantu para pedagang tersebut terpaksa diamankan untuk dilakukan pendataan.

“Ada beberapa alat bantu berdagang dari para pedagang tersebut yang kita amankan, di antaranya terpal, kursi, meja dan timbangan agar mereka jera atau kapok menggelar dagangannya kembali di lokasi tersebut,,”jelasnya.

Menurutnya, meski pihaknya telah membongkar dan mengangkut barang-barang PKL untuk diamankan di kantor Satpol PP, namun sebagian dari para pedagang ikut tetap nekat berdagang di tempat-tempat yang dilarang tersebut.

Tutur Gufron, dalam menalukan penertiban pihaknya selalu mengedepankan pendekatan persuasif kepada para pedagang kaki lima agar mereka tidak lagi berjualan di lokasi tersebut.

“Dalam melakukan penertiban, kita selalu mengedepankan sisi humanis, dengan harapan melalui pendekatan yang dilakukan tersebut mereka dapat lebih mengerti akan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,”jelasnya.

Dan, bagi para pedagang yang terbukti telah berkali kali mendapat teguran akan tetapi tidak mengindahkannya, pihaknya akan melakukan tindakan yang lebih tegas.

“Kalau masih membandel, selanjutnya akan dilakukan sidang tipiring ,”pungkasnya. (T’6or)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

kominfo-rudiantara-aturan-sadap-kpk-telekomunikasi

Dukung pencegahan korupsi, Kominfo siapkan jalan keluar teknis penyadapan telekomunikasi

Jakarta, SUARA TANGERANG – Guna mendukung pengegakan hukum dan pemberantasan korupsi di Indonesia, Kementerian Komunikasi ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com