Taryono Dindikbud Tangsel

Taryono : Pelaksanaan UNBK SMP di Tangsel berjalan lancar

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan di seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tangerang Selatah (Tangsel) hingga hari ketiga, Rabu 25 April 2018 kemarin  terbilang relatif lancar. Meski awalnya, dihari pertama sempat mengalami ganggungan selama kurang lebih satu jam karena gangguan pada jaringan, namum UNBK dapat berjalan dengan baik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangerang Selatan (Tangsel) yang memantau pelaksanaan UNBK berharap apa yang menjadi kendala tersebut tidak terulang kembali pada UNBK tahun berikutnya.

“Saya harap hal seperti ini tidak perlu terjadi lagi. Ini kan terkendala sistem, tapi saya juga tetap berkomunikasi dengan wilayah lain. Mereka juga merasakan hal yang sama,” kata Taryono, Rabu (25/4).

Taryono yang sejak pertama telah memantau di beberap sekolah, seperti di SMP Negeri 3 Tangsel, SMP Negeri 10 Tangsel dan SMP Negeri 2 Tangsel, mengatakan secara keseluruhan pelaksanaan UNBK di Tangsel berjalan dengan baik.

Kamis, 26 April 2018, para siswa akan mengikuti mata ujin IPA, sebelumnya telah mengikuti ujian Bahasia Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dimana setiap harinya mereka mengerjakan soal satu mata pelajaran.

“Dalam pelaksanaan UNBK, dibagi dalam tiga sesi, mulai pagi hingga siang bergantian antara siswa satu dengan yang lainnya,” ungkap Taryono.

Hal lain yang dicatat Taryono selama beberapa hari pelaksanaan UNBK adalah, perlunya kesiapan dari tim IT dan guru untuk bisa menenangkan siswa yang mengikuti ujian agar tetap tenang jika ada gangguan. Karena gangguan di hari pertama pelaksanaan UNBK SMP tersebut telah menimbulkan kegaduhan, dan ini terjadi di seluruh Indonesia.

“Ganggung di hari pertama pelaksanaan UNBK tersebut, tak hanya terjadi di Tangsel saja, tapi dirasakan juga oleh seluruh siswa yang ada di Indonesia,” kata Taryono.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Kota Tangsel Lintang yang ikut memantau jalannya UNBK SMP di Tangsel mengatakan, selain dari koneksi yang berasal dari pusat, tidak ada kendala lain yang patut dikoreksi pelaksanaan UNBK di Tangsel. Hanya saja panitia harus siap atau bisa menenangkan kepanikan murid jika hal tersebut terjadi kembali.

“Iya bagaimanapun kendala teknis di hari pertama pelaksanaan UNBK telah membuat para siswa  panik. Karena itu tim pengawas pada guru harus bisa menenangkan siswa untuk tidak panik dan khawatir,” kata dia.

Liintang pun menyampaikan, bahwa ia akan terus memastikan keberlangsungan UNBK di Kota Tangsel, agar dapat terlaksana dengan baik. “Insha Allah, besok kami masih akan tetap melakukan pengawasan,” ujarnya. (1st/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SMPN 3 Tangsel

KPAI : PPDB 2018 langgar hak anak untuk dapat pendidikan di sekolah negeri

Jakarta, SUARA TANGERANG – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dorong pemerintah khususnya Kemendikbud dan Kepala ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com