Banten tuan rumah mudzakarah

Banten tuan rumah Mudzakarah Pendekar Internasional dan Nitis Waris

Serang, SUARA TANGERANG – Merupakan suatu kehormatan bagi Banten, wilayah yang dikenal sebagai bumi para Jawara dan Ulama ini, ditunjuk sebagai tuan rumah dari dua pagelaran yang berkelas dunia, yakni Mudzakarah Pendekar Internasional dan Nitis Waris. Kedua kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Serang, Banten pada 4 – 5 Mei nanti.

“Kegiatan ini juga menjadi salah satu rangkaian acara pembuka dari event Golok Day 2018 yang diadakan di Kota Cilegon pada keesokan harinya,” kata Direktur Utama PT Bisnis Banten, Agus Hermawan yang merupakan pengelola dari Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Banten.

Menurut Agus, di dalam kegiatan ini akan diikuti para pesilat dunia dari Swiss (1 pendekar), Belanda (1 pendekar), Prancis (4 pendekar), Amerika Serikat (2 pendekar). Sedangkan Indonesia akan diwakili oleh para jawara dari Padepokan Gunung Karang Banten, Padepokan Maung Bodas Sukabumi dan Padepokan Kasundan/Panglipur Garut Jawa Barat.

Agus menjelaskan, Mudzakarah Pendekar Internasional yang digelar pada Jumat, 4 Mei malam ini, merupakan sebuah perhelatan budaya yang luar biasa yang mempertemukan para pendekar dari berbagai dunia, termasuk Indonesia. Dimana para pendekar ini akan unjuk kebolehan sekaligus membahas rencana ke depan terkait perkembangan seni bela diri pencak silat yang kini sudah mendunia.

“Tentu ini merupakan momen sangat luar biasa yang akan mengangkat seni beladiri pencak silat semakin mendunia. Kegiatan ini kian menegaskan bahwa Banten sebagai bumi para Jawara,” kata Agus.

Sementara kegiatan Nitis Waris (ngatitiskeun ilmu, ngawariskeun benda) merupakan sebuah gelaran budaya sebagai wujud pertukaran atau saling mewarisi ilmu dan benda yang menjadi ciri khas dari masing-masing padepokan pencak silat. Agus menambahkan, pastinya pertukaran ‘warisan’ ini dari masing-masing padepokan ini akan sangat kental nilai-nilai budaya luhur yang penuh kharisma yang dimiliki setiap padepokan.

Seremonial Nitis Waris sendiri baru akan dilaksanakan pada Sabtu, 5 Mei 2018 pukul 08.00 pagi dengan menampilkan atraksi seni pencak silat tunggal, rampak, permainan bola api, permainan Lisung Ngamuk dan debus.  “Kami dari pengelola kawasan wisata halal Baduy Outbound sekaligus menjadi markas dari Padepokan Gunung Karang, tentu sangat mendukung dihelatnya acara ini. Wah, pastinya, kegiatan ini seru dan boleh jadi menegangkan,” ujar Agus penasaraan.

Agus berharap, dengan adanya Mudzakarah Pendekar Internasional dan Nitis Waris ini, dunia pariwisata Banten semakin meningkat dan dikenal dunia. Sehingga, kata Agus, jargon Exciting Banten bukan sekedar pemanis para pemangku kebijakan di Provinsi Banten. Pun dengan Wonderfull Indonesia yang menjadi ‘dagangan’ pariwisata Indonesia yang laku dijual dan bisa diwujudkan dari Banten, bumi Jawara melalui kegiatan ini.

“Tidak hanya itu, kami sangat berharap dengan adanya event ini, segenap elemen masyarakat Banten makin tertarik untuk ikut belajar dan bahkan terlibat serta melibatkan diri dalam pelestarian budaya pencak silat. Dan ini bisa menjadi motivasi anggota yang sudah tergabung untuk berlatih semakin giat dan semangat,” katanya.

Rencananya, lanjut Agus, kegiatan ini akan dihadiri oleh para tokoh masyarakat Banten yang memiliki kepedulian terhadap warisan budaya leluhur, pakar seni budaya, pakar arkeolog, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten, dan tentunya para pemangku kebijakan seperti Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabid Kebudayaan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Ketua IPSI Banten, Ajat Sudrajat menyampaikan kegiatan ini semakin menyemarakkan dunia persilatan dan membuktikan bahwa seni beladiri pencak silat di Banten makin maju dan berkembang. Bahkan di tahun 2018 ini, kata Ajat, IPSI Banten akan menjadi tuan rumah dari kegiatan Pencak Silat tingkat nasional.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Padepokan Gunung Karang, Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Gaido Travel&Tours, Banten Resto, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pengda Banten, Komunitas Cinta Banten (KCB), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Provinsi Banten, dan Dwipa Production selaku pelaksana event Golok Day 2018.

Agus pun mengajak bagi siapa saja yang ingin merasakan euphoria kegiatan Nitis Waris, bisa datang ke Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, pada tanggal Sabtu 5 Mei 2018 mendatang. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lebaran Betawi di Tangsel

Wagub Andika Hazrumy apresiasi pelaksanaan lebaran Betawi di Tangsel

Kota Tangerang Selatan, SUARA TANGERANG –  Lebaran selalu identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Selain ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com