Kampung Ramadhan Cipondoh

Semarak syiar Islam di Kampung Ramadhan Kecamatan Cipondoh

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG  – Kampung Ramadhan tingkat Kecamatan Cipondoh yang digelar di halaman parkir Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Selasa (29/5) berlangsung semarak.

“Dengan Semangat Ramadhan Kita Wujudkan Masyarakat Yang Taat Beragama, Rukun, Damai dan Bermartabat”  adalah tema dari kegiatan tahunan yang disekaliguskan dengan pemberian santunan kepada 200 anak yatim di wilayah Kecamatan Cipondoh.

Menurut keterangan ketua panitia Kampung Ramadhan tingkat Kecamatan Cipondoh, M Marwan, bahwa acara ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari para pemenang lomba di tingkat kelurahan, dan hari ini diperlombakan kembali di tingkat Kecamatan.

“Ada dua belas perlombaan yang akan dilaksanakan di antaranya, lomba adzan usia SD, murotal zus 30 putra-putri usia 10-12 tahun, fashion show islami usia 8-10 tahun, lomba mewarnai kaligrafi usia 4-5 tahun, lomba puisi islami, lomba kebersihan tingkat ibadah, lomba hadroh, lomba pildacil tingkat SD, tafidz qur’an juz 30 tingkat SD, lomba rumah sehat.” terang Marwan, Selasa (29/5).

“Adapun tempat yang akan dilaksanakan berada di tiga titik, yakni di Aula Kecamatan Cipondoh, Gedung Graha Kirana, dan Panggung Utama.” Tambahnya

Sementara itu, Camat Cipondoh Kiki Wibhawa mengatakan, acara Kampung Ramadhan ini sudah dilaksakan tiga tahun berturut-turut, dimulai dari tingkat kelurahan dan berakhir di tingkat kecamatan, ini juga merupakan salah satu bentuk syiar yang diharapkan dari sepuluh kelurahan untuk menunjukan potensi yang ada di tiap-tiap kelurahan.

Alhamdulillah pada tahun ini sangat semarak bahkan sangat meriah, dan bisa terlaksana dengan baik di hari ketigabelas di bulan puasa ini,” ucapnya saat membuka acara, Selasa (29/5).

Kiki juga mengungkapkan, sebagai umat Islam kita harus saling mengingatkan untuk selalu menjaga ukhuwah dan silaturahmi, sehingga  tidak ikut-ikutan dalam faham radikalisme dan intoleran yang akhir-akhir ini dihembuskan oleh orang atau kelompok tertentu di tengah- tengah dengan benyebarkan berita–berita hoax dengan tujuan tertentu.

“Kadang kita sulit membedakan mana berita fakta dan berita hoax. Sehingga menurutnya diperlukan sinergritas antara pemerintah, masyarakat dan para alim ulama,” ujarnya.

Dia juga berharap, dengan diadakannya Kampung Ramadhan ini, khususnya di tahun ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran keislaman, keimanan, dan serta ketaqwaan masyarakat muslim secara keseluruhan kepada Allah Swt.

“Semoga disetiap kesempatan acara festival -festival lain, seperti Kampung Pemuda, Kampung Merdeka, serta Kampung Anak, dapat dijadikan media aktualiasi dan informasi bagi masyarakat,” harapnya.

Apa lagi kita tahu lanjutnya, di Kota Tangerang ini banyak  sekali program yang dapat dimanfaatkan masyarakat, akan tetapi karena minimnya informasi, maka masih banyak yang belum program-program pemerintah tersebut.

“Seperti program Tangerang magrib belajar mengaji, dimana pada program tersebut diharapkan oleh pemerintah untuk menjadi program yang dapat menjaga anak anak kita dari pergaulan bebas,” pungkasnya. (T’6or)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HUT ke-10 Tangsel

Dedikasi satu dekade kota Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Kata dedikasi dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com