KPAI Kemendikbud

KPAI dukung sistem zonasi di PPDB 2018

Jakarta, SUARA TANGERANG – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan dukungkan terhadap kebijakan Mendikbud Muhajir Effendy terkait sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018, dimana dengan sistem ini, tidak ada lagi predikat sekolah favorit dan unggulan. Hal tersebut disampaikan Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, dalam release yang disampaikan kepada suaratangerang.com, Jumat (6/7) siang.

KPAI mendukung kebijakan zonasi, karena mendekatkan anak-anak dari rumah ke sekolah, juga mengurangi factor resiko ketika anak harus bersekolah jauh, dan meminimalkan tawuran pelajar karena teman sekolahnya adalah teman bermainnya. Anak-anak juga bisa jalan kaki atau naik sepeda ke sekolah, sehingga hemat energi dan juga sehat untuk tumbuh kembang anak,” ujar Retno.

Namun, Retno menambahkan bahwa kebijakan zonasi dengan sistem jarak rumah terdekat dengan hitungan meter, ternyata di lapangan  menimbulkan cukup banyak masalah ketika jumlah sekolah negeri di tiap kecamatan dan kelurahan tidak berimbang, sehingga anak-anak yang di wilayah tempat tinggalnya tidak ada sekolah negerinya menjadi berpotensi kehilangan haknya untuk bisa bersekolah di sekolah negeri.

Selain itu, KPAI juga melihat banyak sekolah negeri yang tidak memiliki sarana prasarana memadai, sehingga sulit juga menghapus predikat sekolah Favorit dan unggulan jika pemerintah daerah maupun pemerintah pusat tidak memeratakan sarana prasarana yang sama di setiap sekolah sesuai standar sarana prasarana dalam SNP (Standar Nasional Pendidikan).

Karenanya, kata Retno, KPAI akan mempelajari data-data dan pengaduan yang masuk terkait kebijakan zonasi dalam sistem PPDB, hasil analisis akan disampaikan ke Kemdikbud RI untuk pembenahan dan perbaikan tahun depan.

“Kami akan mempelajari data-data dan pengaduan yang masuk terkait kebijakan ini, dan hasilnya akan kami sampaikan ke Kemendikbud untuk pembenahan dan perbaikan PPDB pada tahun depan,” ujar Retno. (1st/*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ppdb-online-tangsel

Dindikbud Tangsel : Ayo serentak ikut uji coba sistem PPDB online SMP

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMP pada 4-7 Juli ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com