Menteri Kominfo Rudiantara

Atasi kesenjangan, Kominfo inisiasi solusi ekonomi digital

Jakarta, SUARA TANGERANG –  Guna mengatasi kesenjangan sosial dan ekonomi di Indonesia, pemerintah telah mencoba melakukan berbagai terobosan dengan solusi yang tepat. Seperti dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan mengembangkan model bisnis ekonomi digital yakni Inclusion Digital Economy Accelarator (IDEA) Hub dan mendorong kelahiran unicorn baru dengan Program NextICorn

IDEA Hub merupakan sistem portal online tentang beragam informasi serta pengetahuan model bisnis ekonomi digital. Kementerian Kominfo berharap, melalui dorongan inovasi ini dapat bermanfaat untuk pemerintah, wiraswasta, UMKM, maupun kelompok masyarakat kelas bawah sehingga meminimalisasi angka kesenjangan sosial dan ekonomi.

Kemenkominfo menilai, Model bisnis IDEA Hub juga sangat tepat untuk mengatasi kesenjangan sosial dan ekonomi secara mondial. Karenanya, model bisnis ini juga bisa dikembangkan di negera-negara G20.

Laporan World Inequality Report awal tahun 2018, menunjukkan kesenjangan sosial dan ekonomi terjadi di semua negara di dunia dan cenderung mengalami peningkatan.  Hasil riset yang melibatkan 100 peneliti lintas benua itu menyimpulkan bahwa kesempatan yang tak merata dalam posisi di kelompok masyarakat maupun kesulitan akses pendapatan keuangan menjadi penyebab masih munculnya kesenjangan sosial dan ekonomi.

Berdasarkan riset tersebut maka penerapan model bisnis IDEA Hub di negara-negara G20 diharapkan akan berdampak menekan kesenjangan sosial ekonomi di dunia. Usaha itu telah dilakukan dalam pertemuan antara Menteri Kominfo Rudiantara bersama Duta Besar negara-negara anggota G20 yang berada di Indonesia (Excellency Brief), Senin-Selasa (23-24/7).

Menteri Rudiantara meminta, inisiatif pengembangan IDEA Hub dapat masuk dan diterima pada G20 Digital Ministerial Declaration. Dalam pertemuan, Rudiantara menyampaikan kepada masing-masing Duta Besar negara-negara G20 supaya menjelaskan tentang IDEA Hub ke kementerian terkait.

“Kami ingin menginformasikan tentang inisiatif G20 IDEA Hub dan meminta negara-negara G20 memberikan dukungan atas inisiatif tersebut,” ujarnya.

Usulan Kemenkominfo tentang pengembangan serta penerapan IDEA Hub di negara-negara G20 juga akan dibahas pada sidang G20 Digital Economy Task Force 31 Juli-1 Agustus 2018 dan pertemuan tingkat Menteri Ekonomi Digital G20 tanggal 23-24 Agustus 2018 di Argentina.

Dalam pertemuan dengan duta besar dan perwakilan negara G20 yang ada di Indonesia, Menteri Rudiantara juga meminta saran mengenai model bisnis ekonomi digital yang layak masuk kategori Hub.

Excellency Brief dihadiri oleh perwakilan atau Duta Besar negara-negara G20 seperti Australia, Korea, Perancis, Italia, Rusia, Cina, Amerika Serikat, Argentina, Meksiko, Afrika Selatan, Inggris, Jepang, India dan Jerman.

Potensi bisnis ekonomi digital

Tren bisnis ekonomi digital semakin terus tumbuh, khususnya di Indonesia. Tercatat ada empat usaha bisnis ekonomi digital yang masuk kategori unicorn atau telah memiliki nilai valuasi di atas USD 1 Miliar atau setara Rp 13 Triliun. Kempat perusaahaan berbasis ekonomi digital itu adalah Go Jek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak.

Guna memperkuat potensi bisnis ekonomi digital dan mendorong kemunculan unicorn baru di Tanah Air, telah diselenggarakan NextlCorn Startup Powerbrunch, Rabu (25/7).

Agenda tersebut merupakan ajang saling berbagi informasi dan pengalaman dari para pelaku bisnis startup tentang keterlibatan di Program NextlCorn serta upaya menjaring modal investasi melalui perhelatan Inaugural NextlCorn International Summit pada Mei lalu di Bali.

Kementerian Kominfo, bakal kembali digelar NextlCorn International H2 Summit pada Oktober mendatang guna mengajak lebih banyak lagi keterlibatan pelaku bisnis ekonomi digital sebagai bagian Program NextlCorn.

Pelaku usaha bisnis startup yang ingin terlibat dan andil dalam berbagai program NextlCorn bisa mengunduh pendaftarannya melalui www.f6s.com/nexticornprogram/apply. Nantinya pelaku bisnis startup akan diproses verifikasi oleh firma profesional rekanan NextICorn.

Guna diketahui, pelaksanaan NextICorn International Summit pertama mendapat dukungan positif dari pemerintah melalui Kemenkominfo, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BKPM dan Bank Indonesia. (1st/rls)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SMSI Pemprov Lampung

Safari Digital, SMSI ajak Pemprov Lampung bersinergi

Lampung, SUARA TANGERANG  -Guna meningkatkan sinergi di dunia digital, pengurus Serikat Media Siber (SMSI) Pusat ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com