Koleksi karya seni Istana

Galeri Nasional pamerkan 45 karya seni koleksi Istana Kepresidenan

Jakarta, SUARA TANGERANG – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Badan Ekonomi Kreatif, dan Mandiri Art menyelenggarakan Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan RI di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (3/8). Pameran seni bertema “Indonesia Semangat Dunia” ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono dalam laporannya menyampaikan tema pameran tahun ketiga ini disinergikan dengan tema Asian Games 2018 yakni “Energy of Asia”. Sebanyak 45 karya seni yang terdiri dari 38 lukisan, empat patung, dan tiga kriya. Dalam pameran ini tiga karya seni ikon penting juga ditampilkan antara lain, patung pemanah karya Rumania Zsiemond Kisfaludi Strobel (1919), lukisan “Perkelahian Singa” karya Raden Saleh (1817), dan lukisan “Pemanah” karya Henk Ngantung (1944).

“Lukisan Henk Ngantung ini berarti semangat yang membara, semangat maju terus, sesuai dengan dengan keinginan kita semua bahwa bangsa Indonesia harus maju terus,” kata Heru seraya menujukkan keluarga Henk Ngantung yang juga hadir di acara ini.

Sebelum pengguntingan pita tanda pameran seni resmi dibuka, Menko PMK turut memberikan sambutan. Menurut Puan Maharani, Galeri merupakan tempat penyimpanan dan media pamer karya seni dan budaya yang memiliki peran penting dalam membangun masyarakat yang sadar dan mencintai karya seni dan budaya sebagai identitas bangsa. Puan berharap Galeri Nasional ini juga akan menjadi salah satu tujuan wisata kesenian atau budaya bagi 16 ribu orang asing yang akan datang ke Indonesia dalam rangka Asian Games 2018.

“Penyelenggaraan pameran ini merupakan wujud nyata apresiasi pemerintah atas karya seni dan budaya yang diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan kreatifitas anak bangsa dalam merawat dan melestarikan budaya bangsa,” tutur Puan.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno selaku Pengarah Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan RI hadir bersama Menteri Kabinet Kerja lainnya seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mewakili Menteri Pariwisata (Menpar) Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Kabekraf) Triawan Munaf. Selain itu, turut hadir Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, para Kurator dan Pengamat Seni, dan Duta Besar Negara-negara Sahabat. Pameran yang digelar di Galeri Nasional ini dapat dikunjungi mulai tanggal 3 sampai dengan 31 Agustus 2018.

Pameran yang diselenggarakan ketiga kalinya sejak tahun 2016 ini terbuka untuk umum. Setelah pembukaan peresmian pameran, jajaran pejabat negara beserta undangan yang hadir mengikuti tur ke dalam galeri untuk menikmati sajian benda-benda seni yang sangat menarik perhatian. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Raja Sakti Enterprise

RSE akan gelar lomba burung berkicau Gubernur Banten Cup I

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Sukses menggelar lomba  burung berkicau “Andika bjb Cup I” pada ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com