Pengajuan kutipan akta kematian di Tangsel

Pengajuan kutipan akta kematian di Tangsel dapat dilakukan lewat WhatsApp

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan pelayanan keliling akta kematian bertempat di Aula Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel, Kamis (13/9).

Dalam pelayanan tersebut, Disdukcapil pun memberikan pemberitahuan pelayanan terbaru akta kematian melalui WhatsApp (WA).

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, menjelaskan, bahwa dalam rangka membangun ekosistem pemerintah yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan melalui program Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), yang salah satunya terkait percepatan cakupan akta kematian di Tangsel, maka Disdukcapil Tangsel melalui surat edaran kepada Camat dan Lurah se-Tangsel memberitahukan bahwa terhitung sejak 17 Agustus 2018 lalu, pengajuan permohonan penerbitan kutipan akta kematian dapat diajukan oleh Lurah dan Camat se-Tangsel melalui WA ke Disdukcapil melalui nomor 08111156792.

“Lurah dan Camat bisa mengajukan kutipan akta kematian melalui format WA dengan melampirkan formulir, register akta kematian,KTP-el asli, KK asli Almarhum atau almarhumah yang sudah ditandatangani kepala dinas, fotokopi KTP-eL saksi sebanyak dua orang, kematian terjadi tidak lebih dari 30 hari, surat keterangan kematian online kelurahan asli dan visum kematian dari dokter atau petugas medis,”ungkapnya.

Pemberitahuan ini dilakukan Disdukcapil setiap pelayanan keliling kepada masyarakat, bahwa Disdukcapil terus memberikan pelayanan yang memudahkan masyarakat dengan kutipan akta kematian melalui WA ini.

Sementara dalam pelayanan akta kematian di Kecamatan Ciputat Timur,  sebanyak 75 pemohon datang untuk membuat akta kematian. Kepala Seksi Perubahan Status Anak Kewarganegaraan dan Kematian Disdukcapil Kota Tangsel, Farah Diba, menjelaskan, 75 ini terdiri dari Kelurahan Cirendeu 3, Kelurahan Cempaka Putih 24, Pondok Ranji sebanyak 7, Pisangan sebanyak 11, Kelurahan Rengas sebanyak 7, Rempoa sebanyak 23.

“Alhamdulillah, kesadaran warga dalam membuat akta kematian sudah semakin baik, ini terlihat dalam setiap pelayanan yang dilakukan disdukcapil Tangsel,”singkatnya. (1st/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SANTUNAN ANAK YATIM PIATU DAN DHUAFA3

Pemkot Tangerang santuni 1250 yatim piatu dan 1770 dhuafa

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Sebanyak 1250 anak yatim piatu dan 1770 kaum dhuafa di ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com