Ketua PMI dan Wakil Wali Kota Tangerang

Tingkatkan pemahaman resiko bencana, PMI gelar Workshop dan Seminar Disaster Management

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Bencana dan keadaan darurat telah mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat secara signifikan terutama yang berhubungan dengan kecelakaan. Berdasarkan data dari United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UN-ISDR), Indonesia menempati urutan tertinggi untuk bencana tsunami, tanah longsor dan gunung berapi yang disusul gempa bumi dan banjir diurutan ketiga dan keenam.

Ketua PMI Kota Tangerang

Seminar dan Workshop PMI Kota Tangerang

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk penanganan bencana, Pemkot Tangerang bersama dengan PMI Kota Tangerang dan House of Medical Training menggelar Seminar dan Workshop dengan tema “Update Disaster Management Of Emergency Responsibility System” yang bertempat diruang Al-Amanah Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Sabtu (15/9).

Ketua PMI Kota Tangerang Kuswarsa mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat serta pengetahuan dan pemahaman dalam melakukan sebuah bencana diindonesia khusunya di wilayah kota tangerang.

“Jadi masyarakat harus bisa persuasif juga mempunyai pembekalan keahlian medis dalam mengatasi suatu bencana,” ungkap Kuswarsa yang juga sebagai Anggota DPRD Kota Tangerang tersebut.

Tim PMI Kota Tangerang

Foto bersama dengan Wakil Wali Kota Sachrudin

Bang kus sapaan akrabnya juga meminta kepada masyarakat untuk terus ikut berperan aktif dalam penanganan suatu bencana bukan hanya bencana yang bersifatnya alam saja akan tetapi bencana lainnya.

“Bisa penyakit penular atau kebakaran, paling tidak masyarakat tidak panik dan tau bagaimana penangananya saat bencana terjadi,” pintanya

Selain itu, lanjut Bang Kus, dalam acara ini juga dilakukan penyematan atribut sebagai tanda pelapasan enam orang relawan terbaik Kota Tangerang yang akan dikirim pada acara Temu Karya Relawan Nasional PMI yang berlangsung tanggal 17 September 2018 di Purwakarta.

Ketua PMI Kota Tangerang Kuswarsa

Ketua PMI Kota Tangerang, Kuswarsa

“Kita (PMI Kota Tangerang. Red) akan mengirim enam relawan terbaik untuk ikut dalam acara temu Karya Relakan Nasional dan merupakan sebagai ujung tombak dalam mensosialisasikan kepada masyarakat yang berkaitan dengan penanganan bencana.” Ungkap politisi partai Golkar tersebut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin yang hadir dan membuka langsung seminar dan workshop ini mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penanganan bencana dan bagaimana penerapannya di masyarakat.

“Penanganan bencana sudah menjadi kebutuhan kita, paling tidak tahu langkah-langkah yang ditempuh untuk mengurangi resiko bencana,” terang Sachrudin.

“Kita harus selalu siap siaga, semoga tidak terjadi bencana baik di negara tercinta maupun Kota Tangerang.” Pungkasnya. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pelantikan Bupatati Tangerang Sachrudin ucapkan selamat

Zaki Iskandar – Mad Romli dilantik, Sachrudin ucapkan selamat

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin mengucapkan selamat atas dilantiknya ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com