Turap Drainase Roboh

Turab drainase di sekitar jalan penghubung Ciater Raya – Jombang Ciputat longsor

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Turap drainase yang berada di sekitar Jalan Serua Indah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), longsor, Jumat (21/9).  Titik lokasi longsor berada di jalan yang menghubungkan antara Jalan Ciater Raya dengan Jalan Jombang, Ciputat, Tangsel.

Longsoran itu menyebabkan sisi jalan ambrol menimpa drainase di bawahnya, diduga kondisi turap yang rapuh menjadi salah satu penyebabnya.

Salah seorang warga di sekitar Safrudin (28) menuturkan bahwa longsor terjadi pada saat hujan turun pada hari Kamis, 20 Sepetember 2018.

“Hujan deras memang sempat turun setelah hujan reda saya lewat di sisi jalan turab sudah longsor,” tuturnya.

Kemudian, setelah petugas dari Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel tiba di lokasi. Mereka langsung memantau titik-titik turap drainase yang longsor. Beberapa pembatas jalan (separator) dipasang agar lajur tersebut tak dilalui para pengendara sementara waktu.

Di tempat yang sama Dani dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) kota Tangsel saat meninjau lokasi enggan berkomentar .

“Maaf pak saya tidak bisa kasih komentar sama atasan saya saja atau datang langsung ke kantor” tandasnya.

Dari pantauan lokasi turap yang ambrol berada tepat bersebelahan dengan lokasi pengerukan tanah warga tidak jauh dari TOL Tangsel Cinere yang sedang dibangun. Pergeseran dan retakan turap yang longsor dikhawatirkan terus menjalar ke bagian turap sisi jalan lain disekitarnya, dan kejadian longsor itu bukan pertama kali terjadi, dibeberapa wilayah lain di Kota Tangsel sering pula mengalami hal yang sama. Umumnya longsor disebabkan minimnya kualitas material pembuatan turap, sehingga meski baru dibuat namun kondisi turap tak mampu bertahan melawan gerusan air.

Hal ini diungkapkan Ketua Yayasan Perlindungan Konsumen Paragon, Puji Iman Jarkasih selaku saat dikonfirmasi secara terpisah.

“Turapan drainase batu kali di lokasi itu, selama ini tidak mendapat perawatan dan pemeliharaan yang baik. Padahal jarak saluran drainasenya cukup tinggi antara jalan dan saluran air di bawahnya. Beberapa kali turap di wilayah Tangsel banyak yang jebol, karena struktur fisiknya sendiri enggak kuat, enggak sesuai standar, ditambah lagi minim perawatan,”pungkasnya. (H3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wali Kota Arief Pemuda Melek Politik

Ini pesan Wali Kota Arief kepada kaum millennial

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Hadir pada acara diskusi yang diselenggarakan oleh About TNG, pada ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com