Warga Batujaya menangkan gugatan tanah eks Titirasa

Asda I Pemkot Tangerang benarkan warga Batujaya menangkan gugatan tanah eks Titirasa

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Asisten Daerah (Asda) Satu Bidang Pemerintahan Pemkot Tangerang Ivan Yudianto membenarkan bahwa gugatan warga atas tanah eks Titisara seluas 28 hektar di Kelurahan Batujaya, Kecamatan Batuceper dengan Pemkot Tangerang dimenangkan warga (penggugat-red) di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang.

Pernytaan Asda Yudianto ini, juga diiperkuat dengan adanya putusan pengadilan Nomor 36/PDT.G/2011/PN.TNG yang dikeluarkan pada 30 Juli 2012 silam.

Menurut Yudianto putusan PN Tangerarang soal tanah eks Titisara itu memang dimenangkan oleh warga. ”Yang saya tahu dalam putusan PN Tangerang tanah eks Titisara dimenangkan oleh warga. Jadi sekarang tinggal kita serahkan sepenuhnya ke penggarap (warga-red),” ujar Ivan saat menemui puluhan demonstrasi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Tangerang Raya (AMTR) dan Aliansi Komite Penggusuran Batuceper di depan Puspem Kota Tangerang, Jumat (19/10) lalu.

Dijelaskannya, dulunya tanah tersebut milik Pemkab Tangerang sebelum ada pemekaran. Dan Pemkab telah memberikan hak garapanya kepada warga sekitar untuk memelihara tanah tersebut. ”Sekali lagi, jadi riwayat tanah tersebut dalam persidangan dimenangkan oleh warga,” jelasnya.

Bahkan dalam fakta persidangan, kepada majelis hakim, semua warga Kelurahan Batujaya berhasil membeberkan sejumlah bukti tertulis dan data garapan tanah tersebut. Sehingga mereka menang mengalahkan pemerintah daerah. Data tersebut di antaranya seperti surat keputusan (SK) Nomor 07/AGR/1956 pada 8 Maret 1956.

Untuk menyikapi masalah ini semua pihak harap bersabar. Karena ini masalah lama sehingga 15 kartu keluarga (KK) di RT 03, RW 03, Kelurahan Batujaya, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang yang digusur Satpol PP beberapa waktu lalu itu tanahnya memang akan dibangun sekolah.

Sementara itu, Koordinator Lapangan (Korlap) Ashabul Kahfi mengatakan, pihaknya meminta Pemkot Tangerang memberikan keadilan kepada 15 KK tersebut yang saat ini sudah tidak tinggal lagi di lahan tersebut.

Terpisah, Kasat Pol PP Kota Tangerang Mumung Nurwana mengatakan, pihaknya melakukan aksi pembongkaran empat rumah kontrakan tersebut sesuai dengan instruksi Pemkot. ”Kami selaku penegak Perda mengikuti instruksi pimpinan saja mas,” terangnya. (T’6r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Loket Tilang Kejari Tangsel

Kejaksaan Negeri Tangsel terapkan loket tilang

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai menerapkan pembayaran ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com