Anies R Baswedan

Hadiri Konfernas Gerindra, Anies tak langgar aturan

Bogor, SUARA TANGERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dinilai tak bisa memberikan sanksi kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, lantaran menghadiri acara Konferensi Nasional (Konfernas) Partai Gerindra di SICC, Bogor, pada Senin (17/12/18) kemarin.

Hal itu disampaikan Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico Sinaga melalui pesan WhastApp-nya, Selasa (18/12).

Pasalnya, sebelum menghadiri acara internal Partai Gerindra itu, Anies diketahui sudah melayangkan surat pemberitahuan dengan Nomor 1349/-079.43 yang ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri tertanggal 14 Desember 2018 dengan kapasitas sebagai tamu undangan.

“Jadi laporan relawan Garda Nasional untuk Rakyat (GNR) ke Bawaslu akibat karena mereka minim data dan informasi akurat, sehingga GNR asal maen lapor aja,” ujar Rico.

Selain itu, Rico juga mendorong Bawaslu tak perlu repot-repot memproses laporan GNR, karena Anies sudah mengikuti prosedur perundang-undangan.

Karena Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo telah menyatakan gubernur, bupati, dan wali kota boleh-boleh saja mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu.

Hal itu dikatakan Tjahjo dalam menanggapi beberapa gubernur yang sudah mendeklarasikan untuk mendukung salah satu bakal calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019 mendatang.

Tjahjo juga menyatakan, pihaknya berpedoman pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 281 sebagai dasar hukum dalam kepala daerah atau wakil kepala daerah boleh jadi jurkam atau anggota tim sukses capres-cawapres.

Pegangan kami Undang-Undang (UU Nomor 7 Tahun 2017) pasal 281 clear, kalau TNI Polri jelas netral enggak boleh (hanya) mengamankan tapi kepala daerah jabatan politis dia wakil parpol didukung oleh satu atau beberapa parpol setelah jadi ya sah-sah saja,” tutur Tjahjo.

Undang-Undang sudah mengatur kepala daerah boleh melakukan kampanye asal ada izin. Kepala daerah boleh berkampanye di hari libur tanpa izin sudah ada,” pungkas Tjahjo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, pada Kamis (13/9). (klik.one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rekapitulasi Pilpres 2019

Rekapitulasi suara Pilpres 2019 rampung dini hari, KPU: Jokowi – Ma’ruf menang di 21 provinsi

Jakarta, SUARA TANGERANG – Komisi Pemilhan Umum (KPU)  RI telah merampungkan rekapitulasi suara Pilpres 2019 ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com