KIA Disdukcapil Tangsel

Pemilik Kartu Identitas Anak di Tangsel dapat potongan harga dari merchants

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Mungkin belum banyak yang tahu apa itu Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP anak.  Kartu ini merupakan kartu yang diberikan kepada anak yang berumur 0-17 tahun, bentuknya sama seperti Kartu Tanda Penduduk atau KTP.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2  Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, menjelaskan bahwa kartu ini diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Heru Sudarmanto, SIP, MM, bahwa meski tidak diwajibkan sebagaimana KTP yang harus dimiliki setiap penduduk dewasa, dengan KIA seorang anak secara administratif sebagai warga negara mendapatkan perlindungan pelayanan publik dengan baik sesuai hak konstitusional yang dimilikinya.

“KIA adalah Kartu Indentitas Anak sebelum ia mendapatkan e-KTP. Dengan KIA, seorang anak anak akan mendapatkan fasilitas tertentu pada berbagai bidang sesuai kebutuhan anak, serta jaminan kesejahteraan, perlindungan dan fasilitas lainnya bagi anak tersebut,” tambah Heru, Kamis (20/12).

Lalu apa saja syarat yang diperlukan seorang anak untuk mendapatkan KIA?

“Persyaratan bagi anak, warga Tangsel untuk memiliki KIA diantaranya adalah fotocopy Kartu Keluarga yang sudah ditandatangani oleh Kepala Dinas Disdukcapil. Sedangkan untuk kartu keluarga yang ditandatangani Kecamatan atau Kelurahan sudah tidak berlaku atau tidak dapat digunakan dan persyaratan lainnya, yaitu  fotocopy e-KTP orang tua dan Akte Kelahiran anak,” paparnya.

Masih menurut Heru, pelayanan KTP anak dapat melalui dua jalur yaitu secara kolektif melalui sekolah atau yang bersangkutan mendaftarkan diri datang langsung ke Kantor Disdukcapil kota Tangsel.

“Sementara ini hanya ada dua jalur pendaftaran bagi seorang anak untuk memperoleh KIA, yaitu melalui jalur kolektif sekolah yang sudah bekerjasama dengan Disdukcapil, atau dengan datang langsung ke Kantor Disdukcapil Kota Tangsel,” terangnya.

“Saat ini sudah kudrang lebih dari 25 sekolah negeri maupun swasta di Tangsel yang secara kolektif telah mendaftarkan siswanya untuk mendapatkan KIA,” ungkap Heru.

Dia pun menambahkan,  bagi orang tua yang ingin mendaftakan anaknya secara langsung ke Disdukcapil, tidak boleh diwakilkan oleh siapapun kecuali kepada pihak keluarga yang namanya sudah tercantum dalam daftar kartu keluarga.

“Pelayanan pendaftaran KIA di Kantor Disdukcapil dilakukan mulai pukul 07.30 Wib sampai pukul  10.00 Wib, dengan target kuota 300 perhari. Namun ,ada kebijakan tertentu saat musim liburan sekolah dengan melakukan penambahan 100 hingga 200 kuota,” tandasnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, untuk  anak usia di bawah 5 tahun, hanya orang tua yang hadir, sementara untuk ank usia 5 tahun ke atas hingga 17 tahun kurang 1 hari harus datang langsung didampingi orang tua dengan  tidak mengganggu proses belajar di sekolahnya masing masing .

Hal lain yang diungkapkan Heru  terkait kepemilikan KIA bagi anak-anak di Tangsel adalah, dengan KIA anak-anak akan mendapatkan sejumlah potongan harga atau diskon saat berbelanja di beberapa tempat seperti KFC, MC Donald, Gramedia dan Tokoh Gunung Agug di wilayah Kota Tangsel.

“KIA juga dapat digunakan untuk pelayanan publik seperti  BPJS, membuka rekening di bank, pelayanan di bandara dan lain- lain,” ucap Heru.

Kata Heru, anak usia 0-17 tahun di Tangsel yang berjumal 315.409 anak, 33.650 di antaranya sudah memiliki KIA .

“Kepemilikan KIA di Tangsel  saat iini sudah mencapai 10 %. Dan, di tahun 2019 mendatang, ditargetkan bertambah hingga mencapai  50%.” pungkasnya. (H3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dadi Budaeri

Dadi Budaeri tantang Muhammadiyah Tangerang bikin International Islamic Fair

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Dadi Budaeri tantang Muhamadiyah Tangerang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com