Pelaku penipuan dengan modus undian berhadiah di Tangsel

Polisi tangkap 6 pelaku penipuan bermodus kupon undian berhadiah di Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Unit Reskrim Polres Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil menangkap 6 pelaku tindak pidana penipuan dengan modus kupon undian berhadiah.

Penangkapan terhadap 6 pelaku tersebut dilakukan di Kantor Surya Agung Perdana Ruko Golden Bolulevard Blok E41, Lengkong Karya, Serpong Utara, Kota Tangsel, yang sekaligus merupakan tempat kejadian perkara (TKP). Empat pelaku diantaranya adalah pria, dan 2 lainnya adalah perempuan.

Menurut Kasatreskrim Polres Tangsel, AKP Alexander Yurikho, korban yang bernama Ervina pada Senin, 25 Maret 2019 lalu, merasa ditipu oleh salah seorang tersangka, Mohamad Sofyan (MS), marketing Surya Agung Perdana (SAP), yang memberikan 1 voucer belanja gratis kepada korban, saat korban usai berbelanja di salah satu toko serba ada di wilayah setempat.

“Oleh tersangka MS  yang mengaku sebagai marketing perusahaan SAP ini,  korban diminta untuk datang ke Kantor Usaha Dagang (UD) SAP yang berada di Ruko Golden Boulevard Blok E 41, di Lengkong Karya,  Serpong Utara, Tangsel,” tutur AKP Alxender Yurikho, Kamis (28/3).

Lanjut  Yurikho, korban juga ditawari sebuah voucer makan gratis cepat saji senilai sepuluh ribu rupiah dan sebuah kupon berhadiah barang yang cukup menggiurkan, berupa mobil, sepeda motor, logam mulia, barang-barang elektronik, dan sejumlah uang tunai.

Kata AKP Alexander Yurikho,  korban yang termakan bujuk rayu dan iming-iming hadiah yang ditawarkan UD SAP, akhirnya datang ke kantor UD SAP, dan ditemui oleh tersangka Genta yang berperan sebagai supervisor perusahaan tersebut untuk diberikan voucher dan mengambil kupon undian berhadiah sebagaimana dimaksud.

“Sesampai di kantor SAP, ternyata korban juga diharuskan membayar sejumlah uang, senilai 14 juta rupiah untuk dapat mengambil voucer di dalam kotak undian yang ada hologramnya dengan hadiah hadiah yang lebih besar lagi, bukan hanya ituh Genta juga meyakinkan korban dengan modus akan mengembalikan uang Rp 20 juta jika memang korban mendapatkan voucer bertuliskan anda belum beruntung,” jelas Anto, sapaan akrab AKP Alexander Yurikho.

Namun, setelah Ervina menggosok hologram dalam voucer tersebut, ia hanya mendapatkan sebuah air purifier yang harganya berkisar empat sampai 5 jutaan. Karena merasa dirugikan, korban kemudian melaporkan UD SAP ke polres Tangsel.

Berdasarkan laporan tersebut, polisi kemudian menggerebek kantor UD SAP, dan menangkap 6 pelaku beserta sejumlah barang bukti.

Barang bukti yang diamankan di antaranya adalah kotak undian yang berjumlah150 kupon undian berhologram.

“Setelah penggerebekan, kotak dibuka di dalamnya ada 150 voucer berhologram, kemudian semua digosok, isinya tidak ada yang bertuliskan mobil, motor, logam mulia, uang tunai. Semuanya bertuliskan air purifier, bahkan pelaku juga mengakui mobil yang di janjikan dalam kupon tidak ada begitupun juga dengan motor PCX, setelah diselidki dan dicek nomer rangka dan mesin motor ini telah ada pemiliknya yaitu UD Surya Agung Perdana,” terang Anto.

Alex pun menambahkan, sebagai otak utama dari tindak pidan penipuan dengan modus undian berhadian ini adalah SS  kepala usaha pada perusahaan UD SAP, sementara sebagai pemodal berinisial SP.

“Perusahaan yang seharusnya berdomisili di kawasan Jakarta Barat pada 2016 lalu ini, telah beberapa kali diberikan surat peringatan. Hal ini kami dapatkan informasinya setelah berkoordinasi dengan pihak Kementrian  terkait, “pungkasnya.

Akibat perbuatannya, para pelaku, dsangkakan telah melakukan tindak pidanan penipuan dengan melanggar  Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, pasal 8 dan 9 tentang perlindungan konsumen serta pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. (H3n)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sempat buron 2 bulan

Sempat buron, pelaku pembunuhan di Serang diringkus polisi

Serang, SUARA TANGERANG  – Kepolisian Resor (Polres) Serang Kota mengungkap kasus tewasnya korban berinisial Y ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com