Airin Apeksi di Jakarta

Gerakan menuju smart city, Airin dan 24 kepala daerah se-Indonesia tandatangani MoU

Jakarta, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bersama 24  Wali Kota dan Bupati se-Indonesia, terpilih untuk menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman untuk mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City di Hotel Santika, Hayam Wuruk, Jakarta, Rabu (15/5).

Gerakan ini merupakan salah satu inisiatif untuk membimbing kota atau kabupaten dalam menyusun rencana induk (masterplan) smart city dengan harapan dapat menjadi pegangan daerah dalam mewujudkannya.

Airin yang juga hadir sebagai Ketua Apeksi pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa ia bersyukur dan berterimakasih dengan telah adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, yang digunakan sebagai acuan untuk menuju smart city.

Kata Airin, dengan Perpres tersebut, seorang kepala daerah dapat berinovasi untuk memanfaatkan teknologi untuk kepentingan layanan publik dan mensejahterakan masyarakat di daerah yang dipimpinnya.

”Inovasi dengan pemanfaatan teknologi adalah sautu keharusan,  hal ini dapat dimanfaatkan untuk perbaikan pelayanan publik dan mensejahterakan masyarakat,” singkatnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang juga hadir para acara itu, meminta untuk kepala daerah tak gengsi meniru keberhasilan daerah lainnya dalam pengembangan program smart city.

”Tak pelu gengsi, hal ini dapat menjadi kendala untuk meniru daerah yang sudah berprestasi,” kata Menteri Tjahjo.

Tambah Tjahjo, salah satu strategi yang perlu diperhatikan oleh para kepala daerah untuk mensukseskan Gerakan Menuju 100 Smart City adalah, pemerintah daerah harus melakukan percepatan penyelesaian Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Dan, ”Baru 51 daerah yang rampung dari 1.838 Perda RDTR se-Indonesia, dan baru 13 dari 100 target kabupaten/kota yang baru menyelesaikannya, ” ungkap Tjahjo.

Mendagru Tjahjo juga menyampaikan bahwa, saat ini kota yang masuk dalam program menuju 100 kota cerdas di tahun 2019 adalah, Kota Medan, Tanjung Pinang dan Bukit Bestari, Jakarta, Bandung, Depok, dan Surabaya. ”Saya menghimbau untuk kepala daerah segera mengambil langkah strategis pengembangan 100 kota cerdas di seluruh Indonesia,” himbaunya. (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ayo cek kembali arah kiblat

Matahari tepat di atas Kabah, saatnya perbaiki arah kiblat

Jakarta, SUARA TANGERANG – Posisi matahari tepat di atas Kabah, di Kota Mekah, Arab Saudi ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com