DD sampah organik saat ramadan

Dompet Dhuafa ajak masyarakat kelola sampah sahur dan berbuka

Kota Tangsel, SUARAR TANGERANG – Memasuki minggu ketiga Ramadhan, berbagai aktivitas berlandasan pahala dilakukan setiap umat manusia, tidak terkecuali Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat yang pada bulan Ramadan ini berlomba-lomba melakukan kebaikan salah satunya melalui program Semesta Hijau mengadakan acara Workshop Pembuatan Kompos bertempat di Kebun Kumara – Situ Gintung, Tangerang Selatan (Tangsel), pada Sabtu, (18/5) lalu.

“Harapan kami para Ibu-ibu ini dapat menjadi bagian dari gerakan untuk pengurangan sampah dengan cara mengolah sampah-sampah sisa aktivitas rumah tangga untuk dijadikan kompos, dengan diadakannya acara ini peserta workshop akan dapat mandiri mengelola sampah rumah tangganya masing-masing, dan menambah ilmu dan pahala beraktivitas yang baik dalam bulan Ramadan ini.” Ujar Syamsul Ardiansyah Manager Program Lingkungan Dompet Dhuafa.

Setiap hari sampah-sampah organik sisa aktivitas rumah tangga biasanya menumpuk atau hanya dibuang begitu saja dan tidak dikelola. Terlebih dibulan Ramadhan, sampah-sampah tersebut meningkat drastik, karena meningkatnya kosumsi makanan dan minuman waktu berbuka dan sahur. Melihat hal tersebut Dompet Dhuafa melalui program Semesta Hijau nya mengadakan Workshop Pembuatan Kompos sampah yang bertujuan untuk mengurangi sampah akibat makanan berlebih di bulan ramadhan serta memanfaatkan sampah makanan menjadi kompos. Melalui pelatihan ini para peserta diajarkan bagaimana cara memilah dan mengolah sampah tersebut menjadi produk pupuk kompos

Workshop Pembuatan Kompos ini melibatkan sebanyak 35 Ibu-Ibu yang tergabung dalam Birth Club 2016 tak ketinggalan anak-anak juga ikut berpartipasi dalam acara ini. Untuk menyemarakan acara dan juga menyebarkan campaign ini, setiap peserta diwajibkan untuk memfollow Instagram @semestahijau dan membuat postingan berisi campaign pengurangan sampah makanan berupa foto atau video dengan penjelasan singkat disertai hastag #GreenRamadhan #AmbilSecukupnya #SemestaHijau. Harapannya dengan diadakannya acara ini peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat guna untuk mengurangi dan memanfaatkan sampah sisa makanan minimal di lingkungan keluarga masing-masing.

Untuk diketahui, Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 25 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

FESTIVAL BATIK Tangsel

Hari Batik Nasional, Pemkot Tangsel selenggarakan Festival Batik Tangsel 2018

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Rayakan Hari Batik Nasional, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyelenggarakan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com