Airin roadshow kesehatan

Airin: Perlu dukungan dan partisipasi semua pihak selesaikan masalah kesehatan di Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa persoalan kesehatan tidak bisa diselesaikan hanya oleh dinas kesehatan saja, tetapi harus ada dukungan dan partisipasi dari semua pihak termasuk masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Airin dalam acara roadshow pembinaan kader kesehatan dalam rangka pencegahan stunting di Graha Widya Bakti Puspiptek, Setu, Tangsel, Selasa (22/10).

Dalam acara yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Tangsel dan dihadiri ribuan kader kesehatan itu, Airin pun menyampaikan, terkait pencegahan stunting pada anak kader kesehatan terlebih dahulu harus tahu tentang apa itu stunting, penyebabnya dan cara mencegahannya.

“Penyebab stunting dalam situasi adoption nutrition menyebutkan, stunting berkembang dalam jangka panjang karena kombinasi dari beberapa faktor yakni kurang gizi kronis dalam waktu lama,” ungkap Airin.

Lanjutnya, stunting juga terjadi karena pertumbuhan yang kurang memadai saat dalam kandungan, tidak cukup protein, perubahan hormon yang dipicu stress, dan lainnya.

“Dan salah satu cara yang harus dilakukan adalah pemenuhan gizi sejak hamil, beri asi eksklusif hingga 6 bulan, dampingi asi dengan mpasi sehat, terus pantau tumbuh kembang anak, dan selalu jaga kebersihan lingkungan,” kata Airin.

Sementara itu, ketua panitia roadshow, Iin Soviawati, menuturkan bahwa tujuan digelarnya acara ini adalah untuk meningkatkan pengatahuan kader tentang stunting serta mendorong kesadaran banyak pihak terkait pentingnya pencegahan stunting.

Kata Iin, para kader adalah mereka yang dianggap paling dekat dengan masyarakat, sehingga dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional, khususnya di bidang kesehatan, mereka mempunyai peran yang sangat penting. “Karena itu, mereka harus dibina, dituntun, serta didukung oleh pembimbing yang terampil dan berpengalaman,” kata Iin Soviawati.

Iin pun berharap output yang didapatkan dalam acara roadshow ini adalah, para kader dapat memperoleh pengetahuan tambahan tentang stunting, sehingga mereka dapat memberikan penyuluhan tentang stunting.

Untuk diketahui, ttunting adalah kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya. Hal ini disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dengan manifestasi kegagalan pertumbuhan (growth faltering) yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wali Kota Arief : Bangun sinergitas untuk generasi yang unggul

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Menyambut HUT PGRI Ke-74 dan HUT KORPRI Ke-48 Tahun 2019, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com