British School Jakarta ubah nama program pendidikan usia dininya

Jakarta, SUARA TANGERANG – British School Jakarta (BSJ) telah mengubah nama program pendidikan usia dininya menjadi “Kindergarten”—istilah yang lebih dipahami para orang tua di Indonesia. Dengan perubahan nama ini, Kepala Sekolah Dasar BSJ, Shane Nathan, berharap dapat menghadirkan pemahaman pendidikan usia dini yang lebih baik bagi siswa dan orang tua.

“Istilah yang sebelumnya dipakai, yakni ‘Foundation Stage One’ dan ‘Foundation Stage Two’, berasal dari Kurikulum Nasional Inggris. Banyak orang tua di Indonesia ternyata kurang memahami FS1 dan FS2 atau bagaimana posisinya di dalam kurikulum sekolah. Istilah ‘Kindergarten One’ dan ‘Kindergarten Two’ lebih umum dipakai di Indonesia, jadi, kami memutuskan untuk membuat perubahan tersebut,” jelas Shane.

Seiring dengan perubahan nama, BSJ telah meningkatkan kurikulum dan fasilitasnya dengan berfokus pada kebutuhan belajar setiap anak secara individual. Shane mengatakan, “Kami ingin membuat perubahan yang menyeluruh—salah satunya ialah mempermudah pemahaman orang tua tentang nilai tambah dari program dan fasilitas kami, sehingga mereka bisa terlibat aktif dalam perkembangan pendidikan anak-anaknya.”

Hal tersebut juga mencakup keyakinan bahwa setiap anak perlu belajar, bereksplorasi, dan mengarahkan pengalaman pendidikannya sendiri. Untuk itu, program Kindergarten BSJ mencakup kegiatan belajar berdasarkan pengalaman (experiential learning) dan kegiatan belajar fleksibel. Kedua aspek ini merupakan pendekatan ala Reggio Emilia dan sekolah alam (forest school) yang mengutamakan pembelajaran secara langsung.

“Pendekatan tersebut memberikan keleluasaan yang lebih besar dalam hal frekuensi kehadiran di sekolah, dengan demikian, orang tua dapat mendaftarkan anak-anaknya agar bersekolah sesuai dengan jumlah hari yang dibutuhkan mereka. Setiap anak memiliki kesiapan bersekolah yang berbeda-beda. Karenanya, dengan kebebasan seperti itu, semakin mudah untuk kami memahaminya. Apalagi, kami melihat kesiapan ini sangat berpengaruh terhadap pendidikan serta pengembangan diri setiap siswa,” ujar Shane. 

Demi meningkatkan kepercayaan diri dan kreativitas anak-anak dalam berbagai aktivitas dan pengalaman, BSJ hadir dengan area seluas 18 hektar dengan ruang eksplorasi yang luas. Anak-anak dengan mudah dapat bergerak di dalam dan luar ruang, serta bermain-main di taman yang asri, lapangan berpasir, serta jalur sepeda. BSJ juga menjadi sekolah pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menghadirkan area permainan air yang interaktif, dimana setiap siswa dapat bebas bereksplorasi dan menuangkan kreativitasnya dalam wahana air.

Wakil Kepala Sekolah Dasar BSJ di Bidang Kesejahteraan Siswa, Laura Crossland, menambahkan, “Kami ingin mengakomodasi para pelajar dengan tempat yang membuat mereka bisa bebas bereksplorasi. Dengan demikian, anak-anak dapat berpikir kreatif dan mengembangkan keingintahuan tentang alam di lingkungan sekitarnya. Anak-anak belajar tentang cara mengatasi berbagai risiko dan tantangan, serta melihatnya sebagai proses belajar yang menyenangkan. Di saat bersamaan, kami memastikan anak-anak mampu mempelajari sejumlah keahlian penting untuk memasuki sekolah dasar.”

Tentang British School Jakarta:

British School Jakarta sejak lama bereputasi sebagai landasan terbaik bagi anak-anak yang ingin berkuliah di berbagai universitas terbaik di seluruh dunia. Berdiri pada 1974, BSJ telah mengedukasi komunitas yang mencakup lebih dari 50 kewarganegaraan di Indonesia. BSJ secara konsisten mengirimkan para pelajarnya ke sejumlah universitas terbaik di dunia, termasuk beberapa universitas Ivy Leaguedi Amerika Serikat dan Russel Group di Inggris.

Narahubung bagi Media:

Farhana Asnap
+62217451670
farhana@bsj.sch.id 

Foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20191216/2672421-1?lang=0

Tautan terkait:

Sumber : PRNewswire

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cinta tanpa batas Prof BJ Haabibie

Pesan cinta tanpa batas Prof Habibie di MAN Insan Cendekia Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Cerita ini bermula  di tahun 1996, di kawasan perkebunan karet ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com