Bahas soal isu yang berkembang di masyarakat, DPRD Tangsel gelar RDP dengan PT. PITS

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Komisi III DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan BUMD PT. PITS (Pembangunan Investasi Tangerang Selatan) terkait isu yang berkembang di masyarakat, kemaren, Senin (9/3).

Agendanya rapatnya adalah, pertama, tengtang kerja sama PT. PITS deagan PP Infrastruktur. Kedua, tentang usaha air minum, dan ketiga, tentang tarif air minum.

Ketua Komisi III DPRD Kota Tangse,l Zulfa Sungki Setiawaty mengatakan, kerjasama PT. PITS dengan  PT PP Infrastruktur dasar hukumnya Perda No. 2 Tahun 2013 Tentang Pembentukan BUMD Pasal 8.

“Isi pasal 8 tersebut berbunyi dalam menjalankan kegiatan usaha perseroan dapat membentuk kerjasama dengan pihak lain baik didalam maupun luar negeri,” kata Zulfa melalui pesan singkat kepada suaratangerang.com, Selasa, (10/3).

Zulfa menjelaskan, Divisi Pengelolaan Air Minum PT. PITS bekerjasama dengan PT. TTM (Tirta Tangsel Mandiri) anak perusahaan PT PP Infrastruktur hanya merupakan mediasi saja sebelum dibentuknya BUMD Khusus Pengelolaan Air Minum yang berupa Perumda.

“Ketika BUMD Pengelolaan Air Minum itu sudah terbentuk maka PT PITS akan menyerahkan Divisi Pengelolaan Air Minum kepada PERUMDA tersebut,” terangnya.

Mengenai Tarif Air Minum sama dengan Kota Depok, akan tetapi Zulfa membandingkan Kota Depok dapat suntikan dana dari APBD 500 Milyar pertahun, sementara PT PITS tidak menggunakan sepeser pun dari APBD.

“PT PITS menggunakan investasi dari investor dengan skema B to B atau skema take and pay (IPA BOT, JDU BTO, Tanah dan Pinjaman), sesuai dengan GCG (Tata Kelola Perusahaan),” katanya.

Zulfa menyampaikan evaluasi kepada PT. PITS, hendaknya memberikan statement ke media berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemegang saham tentang isu-isu yang berkembang di media dan masyarakat.

“Saya juga meminta PT PITS agar selalu berkoordinasi dengan Pembina BUMD PT PITS atas hasil kerja atau usaha yang sedang maupun yang akan dijalankan dan menginformasikan kepada DPRD sebagai mitra kerja BUMD PT PITS, ” katanya.

Sedangkan, Anggota Komisi 3 DPRD Tangsel Tarmizi mengatakan, apa yang dilakukan PT. PITS sudah sesuai dengan amanah Perda No 2 tahun 2013 tentang pembentukan BUMD.

“Terkait upaya yang dilakukan PT. PITS melakukan kerja sama juga sudah fair. Mengenai tarif air minum yang diberlakukan PT. PITS  juga menurut saya sudah sesuai aturan, ” katanya. (YCR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

APBN sebagai pemantik pertumbuhan ekonomi

Jakarta, SUARA TANGERANG – Rilis data Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) Kuartal II di berbagai negara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com