Pandemik Corona, Ahli distribusi pangan soroti tata kelola pertanian

Jakarta, SUARA TANGERANG – Di tengah banyaknya sektor yang anjlok akibat wabah Covid-19, beberapa sektor diharapkan tetap bergerak salah satunya sektor bahan pangan terutama pertanian.

Ahli distribusi pangan Wildan S Niam mengatakan, sejak pandemi Covid-19 melanda, persoalan yang dihadapi petani, suplier, hingga masyarakat adalah terhambatnya masalah distribusi. Karena hambatan itu, di beberapa daerah bahan makanan diterima masyarakat dalam kondisi tidak layak konsumsi.

Menurutnya, hal ini tidak akan terjadi kalau sejak dulu tata kelola pertanian diurus dengan baik. “Wabah Korona telah menguak kembali betapa kebijakan tata kelola pertanian dan teknologi pascapanen kita tidak terurus dengan baik,” katanya di Jakarta, Sabtu (18/4).

Dia menjelaskan, di hari-hari sebelum wabah, petani cabai di lereng-lereng gunung terbiasa menanggung jatuhnya harga ketika panen raya. Peternak-peternak ayam mandiri terbiasa menjual di bawah harga pokok produksi. Hal itu terjadi karena sistem pengamanan hasil pertanian masyarakat tidak difasilitasi oleh pemerintah.

Dia juga mengatakan, sebetulnya teknologi yang dibutuhkan untuk mengamankan pangan produksi petani itu tidak rumit, seperti misalnya dengan sarana pengolahan dan pengalengan.

“Pemerintah cukup memfasilitasi sarana-sarana tersebut di sekitar wilayah sentra produksi. tetapkan harga pembelian terendah, serap surplus produksinya sebagai bahan baku cadangan pangan darurat, sukur-sukur dapat memfasilitasi ekspor,” terangnya.

Namun Wildan juga mengapresiasi langkah pemerintah memenuhi kebutuhan pokok masyarakat lewat kebijakan pengadaan bahan baku berbasis komoditas lokal. Menurutnya, hal demikian efektif menyerap hasil produksi petani sehingga menggerakkan perekonomian masyarakat di tengah wabah Korona. (Dmr/Luk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadiri rapat Depeko, Benyamin: Semoga semua sektor usaha bisa survive hadapi pandemi COVID-19

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengatakan dirinya menyadari akan kesulitan yang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com