Soal distribusi pangan selama PSBB, ini saran ahli kepada pemerintah

Jakarta, SUARA TANGERANG – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengharuskan pemerintah mendistribusikan pangan langsung kepada masyarakat. Karena itu, proses pendistribusian perlu dilakukan secara cermat.

Ahli distribusi pangan Wildan S Niam menghimbau, supaya pemerintah dapat menyalurkan pangan dengan mempertimbangkan faktor-faktor detail, mulai dari pengadaan, pengepulan, dan packing, sebelum paket bantuan diterima oleh masyarakat.

“Pemerintah harus cermat dalam detail distribusi, seperti misalnya waktu yang dibutuhkan dalam pendistribusian bahan pangan. Hal ini penting, mengingat masing-masing komoditas memiliki masa kedaluarsa yang berbeda-beda,” kata Wildan di Jakarta, Sabtu (18/4).

Dia merinci, antara beras, daging ayam, telur, tempe, wortel dan lain-lain, semua memiliki karakteristik yang unik. Oleh karena itu perlakuannya pun tidak sama.

Dia juga menambahkan, distribusi komoditas pangan beku pun harus memperhatikan kaidah yang benar. “Perlu diperhatikan, pendistribusian bahan pangan frozen musti dijalankan dengan kaidah-kaidah cold chains yang benar agar mutu tetap terjaga.” Ujar Wildan.

Wildan menegaskan pentingnya pemerintah memperhatikan detail rantai distribusi, agar niat baik dalam memberikan bantuan bahan pangan tidak berujung sia-sia. Jangan sampai makanan yang diterima masyarakat kondisinya tidak layak konsumsi. (Dmr/Luk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadiri rapat Depeko, Benyamin: Semoga semua sektor usaha bisa survive hadapi pandemi COVID-19

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengatakan dirinya menyadari akan kesulitan yang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com