Sengkarut Bansos di Tangsel

Sengkarut bansos Covid-19 di Tangsel


Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Kisruh bantuan sosial (bansos) bagi warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang terdampak penyebaran wabah penyakit pandemi coronavirus atau covid-19 telah terjadi sejak awal pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lebih dari sebulan lalu.

Surat Dinas Sosial Kota Tangsel nomor: 460/179-DINSOS/2020 tanggal 06 April 2020 tentang Bansos Covid-19 yang ditujukan kepada Camat dan Lurah se-Kota Tangsel, dan kemudian diteruskan sampai ke tingkat RW (Rukung Warga) hingga RT (Rukun Tetangga) di Kota Tangsel telah memicu kecemburuan sosial dari warga di masing-masing wilayah di kota ini.

Isi surat Dinsos tersebut meminta Camat se-Kota Tangsel untuk mengkordinir atau minghimpun data warga /keluarga miskin /tidak mampu/rentan sebagai calon penerima Bantuan Sosial Darurat Covid-19 yang belum terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Tangsel maupun diketahui terdaftar dalam DTKS.

Selanjutnya, mengutip surat Kelurahan Pamulang Barat yang Redaksi www.suaratangerang.com dapatkan dari salah seorang warga RW 01 di Kelurahan Pamulang Barat yang tak ingin namanya disebut. Menyampaikan bahwa, dari 25 RW di Kelurahan Pamulang Barat, masing-masing RW hanya bisa mengusulkan 8KK, dan per RT hanya bisa mengusulkan 1 KK karena jatah bansos yang akan diberikan, oleh Pemerintah Kota (Pemkot) dibatasi hanya 200 KK per kelurahan.

Ketika hal ini dikonfirmasikan ke pihak Dinsos Kota Tangsel, Kadis Dinsos Wahyunoto Lukman, kepada www. suaratangerang.com menyampaikan bahwa memang benar per kelurahan hanya dapat jatah 200 KK.

“Kriterianya, yang tidak punyak pekerjaan tetap dan/atau penghasilan tetap, ini di luar kriteria keluarga miskin yang terdaftar dalam DTKS. Mereka yang terdampak, terguncang ketahanan pangan,” kata Wahyu via WashtApp, Jumat (10/4) sebulan lalu.

Pertanyaannya kemudian, bagimana dengan warga yang tidak terdaftar dalam DTKS Kota Tangsel, apakah dapat dipastikan mereka akan mendapat jatah sebagai penerima bansos Covid-19? Wallahu’alam.

Tidak hanya soal daftar nama dalam DTKS, bantuan sosial dari pemerintah pusat yang katanya akan dicairkan pada awal Mei 2020 lalu pun, baru bisa direalisasikan pada Jumat (9/5) kemarin. Dan, untuk hal ini Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany telah menyampaikan permohonan maafnya.

Lalu, siapa saja yang akan menerima bansos dari pemerintah pusat tersebut? Dari DTKS Bansos Presiden setebal 602 halaman yang beredar luas di sosial media, WashtApp itu, akan ada 22.258 KK dari seluruh kecamatan dan kelurahan di Kota Tangsel yang berhak menereima bantuan sembako dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, dan untuk pendistribusiannya dikoordinir langsung oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Mengutip pernyataan, Kadis Wahyunoto dalam release Pemkot Tangsel pada Jumat. 9 Mei 2020 kemarin, Wahyunoto menyampaikan bahwa untuk bansos sembako dari Presiden Jokowi, Kota Tangsel memiliki kuota 75 ribu, dan usulan yang sudah disampaikan saat ini adalah sebanyak 62 ribu, dan inilah yang akan didistribusikan terlebih dahulu.

Dari hasil investigasi dan data yang beredar di sosial media,WashtApp tersebut, maka penerima bansos sembako presiden itu hanya diterima oleh 22.258 KK.  Kalau demikian adanya, itu artinya banbos sembako yang katanya berjumlah 62 ribu itu tidak semuanya terdistribusikan. Lantas sisanya kemana?  Siapa saja yang berhak mendapatkan sisa bansos presiden yang hampir mencapai 40 ribuan itu?

Sementara itu di luar sana, masih banyak warga Tangsel yang mengeluhkan bahwa hingga saat ini mereka belum menerima bantuan meski nama mereka sudah terdaftar dalam DTKS atau dalam daftar tambahan warga yang terdampak Covid-19.  (1ST)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tangsel zona oranye, Benyamin minta masyarakat patuhi protokol kesehatan

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pemerintah pusat melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengumumkan Kota ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com