Jelang “new normal”, Forkopimda Tangsel lakukan apel siap siaga

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG -Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mulai memersiapkan diri memasuki fase kenormalan baru atau “new normal” setelah beberapa minggu lamanya memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran virus corona disease atau COVID-19 .

Persiapan menuju new normal tersebut ditandai dengan apel gabungan kesiapsiagaan bersama Forkopimda di Pusat Pemerintahan Kota Tangsel, Ciputat, Senin (8/6).

Menurut Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, bahwa apel gabungan yang digelar Senin pagi tersebut. dilakukan sebagai komando resmi bahwa ada tanggung jawab yang diemban oleh pimpinan daerah. Salah satunya adalah tugas untuk mengingatkan masyarakat agar tetap waspada, dan disiplin dalam menjalankan aktifitas mereka sehari-hari sehingga terhindar dari penularan  COVID-19.

Dalam kesempatan itu, Airin juga mengingatkan warga perdagangan dan jasa ini untuk tetap kuat.

Nggak boleh lelah, nggak boleh berhenti dan lengah. Bahwa walaupun kita menghadapi gaya hidup baru. Tapi disiplin adalah tanggung jawab semua masyarakat,” kata Airin.

Airin juga mengingatkan kepada Forkopimda bahwa check poin diletakan di beberapa pusat keramaian. Seperti pasar dan terminal.  Karena itu perlu dilakukan koordinasi yang lebih baik oleh pihak berwajib kepada masyarakat.

Untuk pemberlakukan new normal, sambung Airin, beberapa tempat umum telah mengajukan permohonan atau rekomendasi agar diizinkan untuk dibuka kembali. “Salah satunya, Teras Kota, Bintaro Plaza, Pamulang Square, dan WTC,” ungkap Airin.

Saat ini, kata Airin, masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan secara tegas. Salah satunya pemberlakukan Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM). Sistem ini masih akan digunakan bersamaan dengan Pergub PSBB. “Kalau Pergubnya masih berlaku, ya SIKM masih berlaku,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan SIKM ini, lanjut Airin, Pemkot telah telah berkoordinasi dengan RT dan RW setempat. Tujuannya, agar setiap orang berdomisi di luar Banten dan Jabodetabek ketika ingin keluar masuk Tangsel harus memiliki SIKM.

Airin pun menyampaikan, bahwa pada fase new normal nanti akan ada banyak kelonggaran. Namun, kelonggaran tersebut tetap tunduk pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. “Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi penularan COVID-19,” tegas Airin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maya Mardiana, menjelaskan, bahwa ada 4 Mall yang telah mengajukan rekomendasi agar kegiatan perekonomian di tempat tersebut dapat izinkan untuk beroperasi kembali, 4 Mall tersebut adalah, Teraskota, WTC, Bintaro Plaza, Pamulang Square. Dan, untuk tenant, yang diperbolehkan adalah sesuai dengan aturan yang ada.

Yang terpenting adalah, masyarakat dapat dengan tenang berada di mall-mall tersebut. Terkait sektor mana yang boleh dibuka dan tidak boleh dibuka selama masa pandemi COVID-19, semuanya mengacu pada aturan yang telah ditetapkan pemerintah pusat, hal ini juga telah diatur dalam Perwal Nomor 19/2020

“Pada akhirnya, semua sektor atau kegiatan usaha akan dibuka, tetapi secara bertahap. Sekarang, yang dibuka beberapa saja dulu. Baru kemudian disusul oleh sektor lainnya,” kata Mardiana.

Untuk diketahui, usai mengikuti apel siaga, Wali Kota Airin beserta Dandim 0506 Kolonel Inf Wisnu Kurniawan, Kapolres Tangsel AKBP Iman Setiawan, dan Kejari Tangsel Nur Elina Sari melakukan pengecekan kesiapan new normal ke Stasiun Rawa Buntu, Pasar Modern BSD, dan Teraskota. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sambil bersepeda, Arief cek jalan rusak dan beberapa fasilitas publik

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah, bersama sejumlah kepala dan staf ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com