Warga dan LSM kompak minta TPA Cipeucang ditutup

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Longsor tanggul pembatas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang terjadi pada akhir Mei 2020 lalu, telah menimbulkan sejumlah pencemaran lingkungan, salah satunya adalah pencemaran  udara yang menimbulkan bau tidak sedap di daerah sekitar TPA Cipeucang berlokasi.

Akibat bau tidak sedap ini, maka Paguyuban  Pemuda Sunda Tangerang Selatan (PPSTS) menyampaikan protes kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel sebagai penanggungjawab pengelola TPA Cipeucang.

Selain protes, PPSTS juga menyampaikan rasa prihatin mereka atas jebolnya tanggul pembatas TPA Cipeucang yang dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar, yang kembanyakan adalah suku Sunda.

“Kami, pengurus PPSTS terpanggil untuk menyampaikan aspirasi masyarakat sekitar, yang terdampak dengan peristiwa longsoranya TPA Cipeucang. Kami tidak mau mencari-cari kesalahan siapa, yang terpenting bagi kami adalah Pemkot Tangsel mau mendengarkan keluh kesah masyarakat yang terdampak langsung peristiwa naas itu, bau tidak sedap yang menyengat dari TPA Cipeucang hingga kini masih dirasakan, dan puncaknya sekarang, termasuk kompensasi yang seharusnya kami terima tetapi itu hanya isapan jempol dan tertuang di atas kertas,” kata Acil, Senin (15/6).

Acil pun menyampaikan, agar secepatnya Pemkot Tangsel mempercepat recovery TPA Cipeucang, dan segera mencari alternatif lain TPA  pengganti TPA Cipeucang, “ ujar Aciel.

Senada, Ketua Aliansi Warga Serpong (AWS) Firda Yopi Yana, akrab disapa Firda, dalam logat atau basa Sunda yang kental  menyampaikan, intina masih loba keneh nu can di bereskeun ti Cipeucang, kudu loba di bereskeun nu kudu d hadean masih loba keneh nu di jerona pamarentah masih bermain soal kompensasi ja aing mah budak keneh boro nyaho nu kos kitu, intina mah. Hayang geura di tutup TPA Cipeucang geus lain tempat pengolahan deui etamah tempat nimbun sampah mun bisa pamarentah geura geura di tutup tah TPA.

(Intinya masih banyak banget yang belum di bereskan soal Cipeucang yang harus di perbaiki. Masih banyak juga mungkin yang di dalamnya pemerintah yang bermain soal kompensasi, kalo saya masih anak-anak ga tau soal itu. Intinya kami hanya ingin di tutup, karna itu bukan tempat pengelolaan lagi, bukan tempat penimbun sampah. Kalau bisa cepat cepat di tutup oleh pemerintah itu TPA, red)

Sementara itu, warga Cilenggang, Nova Bodong  juga turut prihatin dengan lambannya penanganan longsor TPA Cipeucang oleh Pemkot Tangsel, menurutnya bau tidak sedap dan menyengat itu menyebar kemana-mana.

“Warga Serpong make masker lain cuma sieun kana virus corona tanapi selain eta bau Cipeucang  nu kacium kamana mana, “ ujar Nova (warga Cilenggang pakai masker bukan hanya takut terkena virus Corona tetapi juga karena menutupi bau sampah dari TPA Cipeucang yang menyebar kemana-mana).

Sebelumnya, para aktivis lingkungan yang tergabung dalam Yapelh dan Banksasuci juga telah menuntut Pemkot Tangsel untuk menutup TPA Cipeucang.

Menurut Ade Yunus, desakan untuk menutup TPA Cipeucang ini sudah didegungkan jauh-jauh hari sebelum jebolnya tanggul beton  sepanjang 58 meter, berakibat longsornya gundukan sampah di TPA Cipeucang pada akhir Mei lalu.

“Solusi terbaiknya, tutup TPA Cipeucang,  selain melanggar Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah juga dinyatakan bahwa penanganan sampah dengan pembuangan terbuka terhadap pemrosesan akhir dilarang, Sistem open dumping yang dilakukan di TPA Cipeucang yang berada di bantaran Sungai Cisadane mempunyai potensi bahaya yang sangat besar, yaitu kemungkinan longsor pada saat musim hujan lebat dan potensi kebakaran bahkan ledakan saat musim kemarau,” pungkas Kang Ade, sapaan akrab Ade Yunus. (1st/*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Permudah pelayanan, Tangsel buka gerai Disdukcapil di pusat perbelanjaan

Kota Tangsel , SUARA TANGERANG  – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Senin, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com