Benyamin Davnie pimpin langsung Evaluasi DAU Kelurahan

Ciputat, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel melakukan evaluasi program Dana Alokasi Umum (DAU) Kelurahan, khususnya Kelurahan di Kecamatan Ciputat dan Ciputat Timur.

Evaluasi DAU Kelurahan yang dihadiri puluhan staf keluarahan dari Kecamatan Ciputat dan Ciputat Timur itu, dipimpin langsung Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie ini digelar di Puspemkot Tangsel, Senin (29/6).

Menurut Benyamin Davnie, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mencairkan 50 persen dari DAU Kelurahan yaitu Rp350 juta per kelurahan, agar segera digunakan untuk kegiatan masyarakat, sesuai peruntukkan program DAU tersebut.

Lanjut Benyamin Davnie, bahwa saat ini memang hampir seluruh daerah di Tanah Air mengalami banyak gejolak akibat pandemi COVID-19. Namun, hal tersebut tidak bisa jadi alasan untuk menunda kegiatan yang telah dianggarkan.

Dia mengharapkan kegiatan tetap berjalan. Salah satunya yang harus dijalankan adalah program padat karya. Yang mana pesertanya adalah warga yang terdampak COVID-19.

“Apa saja, contohnya, kursus bikin rengginang, martabak, roti, dan lain-lain. Itu kan bisa. Bantu masyarakat agar mereka bisa bertahan hidup di masa pandemi COVID-19. Masukkan ke dalam grup WA. Munculkan ekonomi kreatif,” kata Benyamin.

Benyamin menambahkan, bahwa kegiatan yang sifatnya mendesak adalah ekonomi kreatif untuk seluruh warga. Sehingga anggaran yang dikelola bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Janganlah program itu sosialisasi perturan ini. Atau undang-undang ini. Lakukan kegiatan yang memang menjadi solusi atas masalah yang terjadi,” ujar Benyamin.

Benyamin pun berharap, agar pesan disampaikannya ini, bisa dilakukan. Fokus pembangunan saat ini adalah, membantu masyarakat, membangun lagi kegiatan ekonomi yang sempat mengalami tekanan akibat pandemi COVID-19. Agar Tangsel bisa menjadi daerah yang kembali maju setelah mengalami masalah ini.

Sementara itu, Kepala BPKAD, Warman Syahnudin, menjelaskan, bahwa   evaluasi program DAU ini dilakukan untuk seluruh kelurahan yang ada di Tangsel.

 

“Dengan adanya DAU dari Kemenkeu sebesar Rp 350 juta perkelurahan itu, diharapakan pihak Kelurahan dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di masing-masing kelurahannya, ” kata Warman Syahnudin.

 

Lanjutnya, Dana ini cair tahap pertama sebesar 50 persen, selanjutnya apabila sudah dilaksanakan, dokumen SPJ-nya agar segera dilaporkan sekaligus sebagai usulan tahap kedua.

 

“Dan, untuk monitoring pihaknya akan datang langsung ke Kelurahan untuk melihat hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan,” pungkasnya. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bonus poin untuk member baru JLC

Jakarta, SUARA TANGERANGN – Di tengah pandemic covid-19, Hari Pelanggan Nasional 2020 diperingati dengan cara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com