Lawan COVID-19, Tangsel bentuk kampung tangguh “Jawara Tangsel” di Marga Jaya

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Kampung Marga Jaya, Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) adalah salah satu kampung yang akan menjadi kampung tangguh ‘Jawara Tangsel’.

Kampung ‘Jawara Tangsel’ ini merupakan program kerja sama antara Pemerintah Kota Tangsel dengan Kepolisian Resor (Polres) Tangsel, yang terinspirasi dari program kampung tangguh Kepolisan Daerah (Polda) Jawa Timur sebagai upaya melawan penyebaran virus COVID-19.

Kini program tersebut telah diadopsi oleh hampir seluruh daerah dan kepolisian di Indonesia.

Berangkat dari hal itu, Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, pada Rabu (17/6) lalu telah mengunjungi kampung Marga Jaya, Pakulonan, RT 02/04, Serpong Utara, yang rencananya akan dijadikan sebagai contoh kampung tangguh di kota Tangsel.

Saat kunjungannya tersebut, Benyamin mengatakan, bahwa dalam kampung tangguh itu nantinya, akan ada keterlibatan seluruh elemen masyarakat di kampung itu sendiri untuk mewujudkan rasa aman, ketertiban dan lain sebagainya, dengan partisipasi semua anggota masyarakat di kampung itu nantinya.

“Dengan kampung tangguh tersebut diharapkan masyarakat dapat secara besama-sama atau gotong royong mewujudkan rasa aman dan ketertiban, termasuk dapat mencegah terjadinya pernyebaran virus COVID-19 yang penularannya semakin massif,” jelas Benyamin.

Diharapkan, sambung Benyamin, dengan kampung tangguh ini masyarakat dapat terhindar dari bahaya COVID-19. “Tetapi di luar itu semua, kita berharap dengan kampung tangguh ini juga, masyarakat jadi lebih tertib, aman, nyaman dan lain sebagainya selama berbaktivitas di wilayahnya sendiri, ” ujar Pak Ben, sapaan akrab Benyamin Davnie.

Benyamin pun menyampaikan, alasan kenapa kampung Marga Jaya yang dipilih sebagai percontohan. Menurutnya, ideal kampung tangguh itu ada posko atau ada ruangan di mana bisa dijadikan tempat untuk membahas berbagai hal oleh tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar.

“Jadi ini mau uji coba dulu. Mudah- mudahan dari unsur pimpinan Polri bisa meresmikan kampung tangguh ini. Nanti namanya kampung tangguh ‘Jawara Tangsel’,” jelas Benyamin.

Orang nomor dua di kota jasa dan perdagangan ini pun menambahkan, selain karena adanya COVID-19, pembentukan kampung tangguh juga dimaksudkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam skala industri rumahan atau UMKM. “Jadi ada unsur, kesehatan, keamanan, dan pemberdayaan ekonomi, “ pungkas Benyamin.

Untuk diketuahui, rencananya paling lambat kampung tangguh ini akan dilaunching pada hari ini, Rabu 1 Juli 2020.(Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Permudah pelayanan, Tangsel buka gerai Disdukcapil di pusat perbelanjaan

Kota Tangsel , SUARA TANGERANG  – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Senin, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com