BREAKING NEWS

Bank Himbara harus cepat salurkan dana pinjaman bagi UMKM

Jakarta, SUARA TANGERANG  – Pemerintah telah menyetujui penempatan uang negara ke bank-bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) sebesar Rp 30 triliun. Nantinya, penempatan dana tersebut akan difokuskan ke segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional. Menanggapi hal itu, Anggota Komisi XI DPR RI Rudi Hartono Bangun menghimbau sejumlah bank Himbara untuk mempercepat penyaluran dana tersebut.

“Bank Mandiri dan Bank BRI harus mempercepat penyaluran dana pinjaman kepada sektor pelaku usaha kecil dan menengah. Ini penting karena mereka tumpuan ekonomi kita yang sebagian besar berasal dari sektor konsumsi. Dana yang berasal dari dana percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN), juga harus cepat disalurkan untuk menghindari ekonomi kita dari jurang resesi,” kata Rudi, mengutip pernyataannya saat menghadiri kunjungan kerja dan Reses DPR RI di kota Binjai, Langkat, Sumatera Utara, belum lama ini.

Di hadapan kontituen dan pendukungnya yang terdiri dari para pelaku usaha kecil dan menengah, Rudi mengingatkan masyarakat daerah pemilihannya untuk lebih giat lagi dalam menjalankan usaha, serta meningkatkan inovasi-inovasi baru dalam berusaha di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Jangan hanya pasrah dan menyerah pada nasib, bank pasti akan membantu memberikan modal dan pinjaman, dan bank-bank harus memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat saat pandemi seperti sekarang ini, itu yang akan terus diusahakan,” papar politisi dapil Sumatera Utara III itu.

Legislator Fraksi Partai Nasdem ini melihat sejauh mana keseriusan bank-bank Himbara, seperti Bank Mandiri dan BRI dalam membantu rakyat memulihkan perekonomiannya. Berdasarkan data yang dimilikinya, penyaluran pinjaman dana atau kredit produktif yang dilakukan oleh Bank Mandiri per 17 Juli 2020 sudah mencapai Rp 12.05 triliun.

“Ini artiya Bank Mandiri tidak main main, dan terus mendukung program pemerintah. Tidak hanya itu, kinerja Bank BRI yg menyalurkan kepada pelaku usaha kecil senilai Rp 20,7 triliun, yang berarti dua kali lipat dari dana yg diterima BRI dari pemerintah. Saya nilai kedua bank pemerintah ini bersungguh sungguh membantu rakyat memulikan perekonomiannya di daerah,” tutup Rudi dalam keterangan tertulisnya kepada Parlementaria. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bangga buatan Indonesia, upaya nyata pemulihkan ekonomi dan cinta tanah air

Jakarta, SUARA TANGERANG – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengajak masyarakat untuk selalu bangga akan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com