Airin raih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2020

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) patut berbangga, karena prestasi dan dedikasi seorang Airin Rachmi Diany, sebagai Wali Kota Airin telah menghantar kota yang dikenal banyak pihak sebagai kota perdagangan dan jasa ini, telah meraih sederet prestasi yang mengharumkan, baik itu di tingkat nasional maupun internasional.

Beberapa bulan sebelumnya di awal tahun ini, tetapnya pada tanggal 8 Februari 2020,  sebelum pandemi Covid-19 menerjang seluruh penjuru negeri ini, termasuk Kota Tangsel, Wali Kota Airin Rachmi Diany berhasil meraih penghargaan dari organisasi profesi pertama di Indonesia, Persatuan Wartawan Indonesia  atau PWI.

Airin menerima penghargaan ‘Anugerah Kebudayaan’ pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat tersebut diberikan karena sebagai pemimpin, Airin dinilai konsisten dan berkomitmen dalam melestarikan kebudayaan lokal di daerah yang ia pimpin.

Kini, di penghujung bulan HUT ke-75 Kemerdekaan RI 2020, Airin Rachmi Diany kembali meraih penghargaan dari salah satu perusahaan media nasional sebagai Kepala Daerah Inovatif 2020, kategori kesehatan.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Tangsel mengucapkan terima kasih kepada panitia atas penghargaan yang diberikan ini,” kata Airin Rachmi Diany, Rabu (26/8).

Airin juga mengatakan bahwa penghargaan yang diterimanya ini akan menjadi motivasi untuk dirinya dan Pemkot Tangsel untuk terus berkolaborasi dalam penanganan persoalan pandemi Covid dan kesehatan lainnya.

“Ini merupakan PR kita bersama, bagimana kita bekerjasama untuk mengatasi pandemi ini secara bersama, di hulu masyarakat disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, dan di hilir kita menyiapkan sarana dan prasarana dan menyikapi masyarakat yang suspect apa langkah yang harus kita ambil,”jelasnya.

Lalu pihaknya pun menambah rumah sakit, dan rumah lawan Covid tetap dipertahankan, sarana dan prasarana terus ditingkatkan. “Di satu sisi kesadaran masyarakat sangat penting, jaga jarak, gaya hidup sehat dan asupan gizi seimbang sangat penting dimiliki masyarakat, kita terus berupaya mendorong masyarakat untuk disiplin, sambil menunggu vaksin, yang terpenting ekonomi jalan, kesehatan jalan, mudah-mudahan pelayanan tetap jalan begitu pula dengan kesejahteraan masyarakat Tangsel,”singkatnya.

Sementara itu, panitia penyelenggara, Djaka Susila mengungkapkan acara Kepala Daerah Inovatif (KDI) tahun 2020 kali ini berbeda dibandingkan acara di tahun-tahun sebelumnya.

“Jika 2014 hingga 2017 kita gelar di tempat tertutup dengan offline, bahkan di 2018-2019 kita gelar secara outdoor, namun kali ini benar-benar di dalam (indoor) dan harus menjaga jarak karena memang dalam kondisi pandemi,” ujar Djaka Susila dalam sambutannya.

Dikatakannya, pandemi Covid-19 adalah hal luar biasa atau extraordinary “Ketika extraordinary, kata inovasi mempunyai keharusan yang double menurut saya, harus dan memang harus dilakukan,” ungkap Jaka.

Menurut Jaka, jika dalam kondisi biasa inovasi menjadi sebuah keharusan atau hal yang biasa. Tetapi, ketika di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, inovasi seorang pemimpin itu haruslah digandakan melebihi kondisi biasa (normal).

“Tema yang kami ambil adalah bangkit dari pandemi. Saya yakin bapak ibu yang hadir secara virtual mempunyai pemikiran, mempunyai kegiatan yang luar biasa agar kita semua bisa keluar dari pandemi ini dengan baik, dan kepala daerah yang hadir sekarang ini adalah yang menjadi garda terdepan bersama pemerintah pusat bahu-membahu untuk keluar dari pandemi ini,” tuturnya.

Untuk diketahui, sejumlah prestasi atau penghargaan yang telah diraih oleh Pemkot Tangsel sejak tahun 2017 – 2019 adalah :

Penghargaan yang diraih di tahun 2017:

  1. Tanggal  31 Januari 2017, Menerima Penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementrian Perhubungan RI, Penerima Penghargaan Dinas Perhubungan Kota Tangsel.
  2. Tanggal  23 Februari 2017, Menerima Penghargaan Pencapaian Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah LVL 3 dari BPK Perwakilan Prov. Banten, Penerima Penghargaan Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel.
  3. Tanggal 30 Maret 2017, Penyerahan Anugerah Obsession Award 2017 dan Woman Obsession Award 2017 dari Obsession Media Group (OMG),        Penerima Penghargaan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.
  4. Tangal 3 April 2017, Penerima Penghargaan Kota Layak Anak dan Perempuan Sindo dari SINDO News (MNC Group), Penerima Penghargaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Perempuan, Perlindungan anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB).
  5. Tanggal 31 Mei 2017, Pemberian WTP dari BPK Provinsi kepada Kota Tangsel, Penerima Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel.
  6. Tanggal 12 Juli 2017, Apresiasi dari Menteri Kesehatan RI tekait Perda Larangan Merokok, Dinas Kesehatan Kota Tangsel.
  7. Tanggal 22 Juli 2017, Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Penerima Penghargaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Perempuan, Perlindungan anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel.
  8. Tanggal 7 September 2017, Penghargaan Indeks Kondisi Keuangan Daerah Terbaik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) – Yogyakarta, Penerima Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel.
  9. Tanggal 29 September 2017, Penerima Indonesia Attractiveness Award 2017 dari Tempo Media Group, Penerima Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel.
  10. Tanggal 31 Oktober 2017, Menerima Penghargaan Top It Implementation On Digital City dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Itech Rafflesia Grand, Penerima Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel.
  11. Tanggal 27 Oktober 2017, Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif dari Kementrian Dalam Negeri, Penerima Bagian Pemerintahan Kota Tangerang Selatan.
  12. Tanggal 28 November 2017, Penghargaan Swasti Saba dari Kementrian Kesehatan, Penerima Dinas Kesehatan Kota Tangsel.
  13. Tanggal 28 November 2017, Penganugerahan Penghargaan Natamukti dan Natamukti Nindya dari MarkPlus Inc dan International Council for Small Business (ICSB), Penerima Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangsel.
  14. Tanggal 7 Desember 2017, Penerima Walikota Enterpreneur Award 2017 dari Kellogg Inovation Network (KIN) ASEAN, Penerima Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.
  15. Tanggal 11 Desember 2017, Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia dari Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) ITB, Penerima Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel.
  16. Tanggal 11 Desember 2017, Penganugerahan Tambahan RKCI dan Talkshow Smart City dari Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) ITB, Penerima Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel.
  17. Tanggal 14 Desember 2017, Penghargaan Sebagai Pemerintah Daerah Terbaik yang memiliki Kontribusi terhadap Pendidikan Islam dari Kantor Agama Prov. Banten, Penerima Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel.
  18. Tanggal 18 Desember 2017, Penerima Inovative Government Award 2017 dari Kementrian Dalam Negeri, Penerima Bagian Pemerintahan Kota Tangsel.

Penghargaan yang diraih di tahun 2018:

  1. Tanggal 03 April 2018, Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Organisasi Perangkat Daerah Bidang Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Terbaik tahun 2017 dari Kementerian Koperasi dan UKM, Penerima Dinas Koperasi dan UMKMKota Tangsel.
  2. Tanggal 05 April 2018, Penerima Sindo Government Award dari Majalah Sindo Weekly, Penerima Walikota Tangsel Hj.Airin Rachmi Diany.
  3. Tanggal 05 April 2018, Penganugerahan Anggota Kehormatan Forum Pemuda Betawi dari Forum Pemuda Betawi, Penerima Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.
  4. Tanggal 19 April 2018, MTQ ke XIV tk. Provinsi Banten dari LPTQ Provinsi Banten, Penerima Bagian Kesra Kota Tangsel.
  5. Tanggal 3 Mei 2018, Penerima Indonesia Smart Nation Award 2018 Kategori Best Smart Society dari Citiasia Inc., Penerima Dinas Pariwisata Kota Tangsel.
  6. Tanggal 8 Mei 2018, Penerima  The Truth Of Natamukti Jakarta Marketing Week 2018 Kategori Public Service Excellence JABODETABEK dari MarkPlus, Inc., Penerima Diskominfo, Disdukcapil, DPMPTSP, DPMP3AKB, Bagian Hukum, dan Dinas PU Kota Tangsel.
  7. Tanggal 11 Mei 2018, Penerima Indonesian Women Leaders 2018, kategori Most Powerful In Politics yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Penerima DPMP3AKB Kota Tangsel.
  8. Tanggal 6 Juli 2018, Wajar Tanpa Pengecualian Dari BPK Banten atas Laporan Keuangan Tahun 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Banten, Penerima Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.
  9. Tangal 20 Juli 2018, Penerima Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 dari Yokatta News bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata, Penerima, Dinas Pariwisata Kota Tangsel.
  10. Tanggal 23 Juli 2018, Penerima Kota Layak Anak 2018 Kategori Madya dan Wali Kota Pembina Forum Anak Terbaik dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (K-PPPA), Penerima DPMP3AKB Kota Tangsel.
  11. Tanggal 30 Agustus 2018, Penerima Kepala Daerah Inovatif 2018 Koran Sindo Kategori Pelayanan Masyarakat dari Koran Sindo.
  12. Tanggal 1 Oktober 2018, Penerima Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Terbaik Tingkat Kota dan Kabupaten se-Banten dari Pemerintah Provinsi Banten, Penerima Wakil Walikota Tangsel Drs. H. Benyamin Davnie.
  13. Tanggal 30 Oktober 2018, Apresiasi Hari Karya Dharmabakti 2018 dari Kementerian Hukum dan HAM.
  14. Tanggal 15 November 2018, Penerima Natamukti-Nindya Ganapravara ICSB Indonesia City Award 2018 dari ICBS (International Council for Small Business) dan Kementrian Koperasi & UMKM, Penerima Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.
  15. Tanggal 5 Desember 2018, Penerima Walikota Entrepreneur Award 2018 kategori Investasi dari Innovation Network Of Asia (INA APEKSI AWARD 2018) dari Philip Kotler Center For ASEAN Marketing (PK CAM), Penerima Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.
  16. Tanggal 6 Desember 2018, Penerima Top IT & Telco 2018, Top IT Implementation on City Government Sector 2018, Top Digital Transformation Readiness 2018 dan Top Leader on IT Leadership 2018, dari Majalah IT Works, Penerima Dinas Kominfo Kota Tangsel.
  17. Tanggal 11 Desember 2018, Penerima Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM, Penerima Bagian Hukum Kota Tangsel.
  18. Tanggal 19 Desember 2018, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (K-PPPA), Penerima DPMP3AKB Kota Tangsel.
  19. Tanggal 23 Desember 2018, Apresiasi Anugerah Kencana Bidang KKBPK dari BKKBN, Penerima DPMP3AKB Kota Tangsel.

Penghargaan yang diraih di tahun 2019:

  1. Tanggal 5 Maret 2019, Penghargaan atas Keterlibatan dan Partisipasi Aktif Aparatur Pemadam Kebakaran dalam Membantu Penanggulangan Bencana dan Evakuasi Korban pada Bencana di Provinsi Banten dari Kementrian Dalam Negeri, Penerima Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangsel.
  2. Tanggal 12 Maret 2019, Penghargaan Pasar Rakyat Indonesia “Pasar Bintaro Sektor II, Kota Tangerang Selatan TERBAIK Kategori Pasar Ramah Lingkungan”  dari Kementerian Perdagangan, Penerima Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel.
  3. Tanggal 27 Maret 2019, Penghargaan “Top Transformation E-Goverment Information System 2019” dari Majalah Itech & Telco, Penerima Diskominfo Kota Tangsel.
  4. Tanggal 28 Maret 2019, Predikat Baik se-Indonesia dalam laporan hasil evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Penerima Diskominfo Kota Tangsel.
  5. Tanggal 29 Maret 2019, Penerima Tangsel Raih Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Banten Ke XVI dari Pemerintah Kota Tangerang, Penerima LPTQ Kota Tangsel.
  6. Tanggal 23 Juli 2019, Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Nindya Tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Penerima DPMP3AKB Kota Tangsel.
  7. Tanggal 3 Oktober 2019, Penerima Apresiasi Indonesia Awards 2019 Kategori Pemerintah Kota yang Konsisten dalam Pelayanan Publik dari iNews TV.
  8. Tanggal 7 Oktober 2019, Penghargaan Natamukti 2019 dari Kementerian Koperasi dan UKM dan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, Penerima Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangsel.
  9. Tanggal 11 Nopember 2019, Penghargaan Kota Informatif dari Badan Publik 2019 dari Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Banten, Penerima Diskominfo Kota Tangsel.

Sumber data tersebut di atas diperoleh dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan.  (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Konfercab III, KH Abdullah Mas’ud terpilih jadi Ketua PC NU Kota Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Konferensi Cabang (Konfercab) III Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com