Gerakan BISA dan geliat pariwisata di Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), pada Minggu, 30 Agustus 2020 lalu telah meresmikan sebuah gerakan inovatif untuk mempercantik kota ini dengan sebuah gerakan Bersih, Indah, Sehat dan Aman atau yang disingkat dengan BISA.

Gerakan ini merupakan inovasi dari Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur serta Tata Kelola Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Kota Tangsel.

Menurut Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany di tengah situasi COVID-19 yang menghambat beberapa kegiatan pembangunan termasuk di sektor pariwisata. Pemkot Tangsel diminta untuk berinovasi tentang banyak hal dengan keterbatasan yang ada.

“Jalatreng riverpark misalnya, adalah salah satu dari sekian banyak wisata buatan di Tangsel,  tempat ini didesain sedemikian rupa hingga menjadi tempat wisata yang menarik dan jarang di temui di kota ini. Rimbunnya pepohonan dan tenangnya sungai Jalatreng menjadi daya tarik tersendiri,” ujar Airin, Minggu (30/8).

Beberapa destinasi wisata buatan lainnya yang juga tersebar di Tangsel, perlu dikembangkan lebih baik lagi. Misalnya di Serpong ada Taman Kota I, kemudian Tandon Ciater, Tandon Nusaloka, Tandon Pondok Jagung dan sebagainya.

Selain sebagai destinasi wisata yang murah meriah, tempat-temapt tersebut juga merupakan civic center yang dibuat dengan memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya Taman Kota II yang memang dibuat sebagai tenpat berkumpul masyarakat.  Kemudian di Serpong, serta Ciputat yang dibuat untuk berolahraga. Sementara Ciputat Timur yang Desember ini akan diresmikan akan berfokus pada pusat kebudayaan Kota Tangsel.

“Hal itu semua merupakan inovasi Pemkot Tangsel dalam pengembangan dunia kepariwisataan di kota ini,” tegas Airn.

Airin pun menjelaskan bahwa Pemkot Tangsel saat ini tengah melakukan berbagai macam perbaikan terhadap tempat-tempat khusus di bidang kepariwisataan di Tangsel. Tujuannya adalah selain sebagai destinasi wisata. Tempat-tempat tersebut juga dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat.

“Jadi terkait dengan Gerakan BISA (bersih, indah, sehat dan aman, red) di beberapa destinasi atau tempat wisata di Tansgel, sekarang ada nggak ada COVID-19 memang harus bersih, indah, sehat dan aman,” kata Wali Kota Airin.

Turut hadir dalam acara peresmina  Gerakan BISA,  yang digelar di Jalatreng tersebut antara lain. Anggota DPR RI Komisi X Hetifah Sjaifudin, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa, dan Dirut Tata Kelola Destinasi Pariwisata Berkelanjutan di Kementrian yang sama, Inrda Ni Tua. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tak penuhi syarat program RUTHL, rumah Nuraini tak bisa diperbaiki

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG –  Nuraini (42) warga Kampung Jaletreng RT 03/03, Kelurahan Serpong, Kecamatan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com