Dampak COVID-19, pertumbuhan ekonomi Banten terkontraksi 7,6%

Kota Serang, SUARA TANGERANG – Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan dampak dari pandemi COVID-19, dalam beberapa bulan terakhir ini telah menekan laju pertumbuhan ekonomi Banten, terakhir sempat terkontraksi di angka 7,6 %..

“Tak bisa dipungkiri, perekonomian nasional bahkan juga global terdampak oleh pandemi ini,”  kata Wagub Andika, yang secara resmi membuka Musyawarah Daerah (Musda) I DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Banten di Hotel Ratu Ultima Horison, Kota Serang, Kamis (3/9).

Terkait dampak dari pandemi COVID-19 tersebut, lanjut Andika, Pemprov Banten sendiri sesuai dengan arahan pemerintah pusat telah melakukan sejumlah refocusing anggaran, dimana anggaran-anggaran yang sebelumnya dialokasikan untuk pembangunan dialihkan untuk penanganan pandemi COVID-19.

Dikatakan Wagub, refocusing anggaran dimaksud dilakukan untuk tiga hal yakni, pelayanan kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemberdayaan ekonomi.

Lebih jauh Andika mengungkapkan, jika pemerintah pusat kini telah meminta Pemda untuk mulai kembali mengalokasikan anggaran bagi program kerja pembangunan seperti infrastruktur, terutama yang pelaksanaannya banyak melibatkan masyarakat secara langsung.

“Ini dilakukan agar perekonomian kembali bergerak. Insha Allah Pemprov Banten sendiri running untuk itu di APBD Perubahan TA 2020 ini,” jelas Wagub.

Sementara terkait peran IWAPI, Wagub Andika meminta organisasi wanita pengusaha ini untuk ikut membantu pemulihan ekonomi di Banten, yaitu dengan lebih banyak memberdayakan UMKM.

“Sebagai organisasi pengusaha, bantuan pemulihan ekonomi dimaksud bisa dilakukan IWAPI dengan lebih banyak memberdayakan usaha mikro, kecil, menengah,” kata Wagub Andika.

Untuk diketahui, turut hadir dalam acara tersebut Ketua IWAPI Banten Yati Mahendra dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Banten Siti Maani Nina.

Hadir juga, Ketua Badan Kordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Banten Adde Rosi Khoirunnisa. Adapun Ketua DPP IWAPI Nita Yudi hadir secara virtual melalui sambungan video conference dari Amerika Serikat. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BI keluarkan uang khusus peringatan HUT RI 2020, senilai Rp 75.000

Bandung, SUARA TANGERANG – Bank Indonesia (BI) mencetak uang khusus yang diedarkan mulai hari ini, Selasa ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com