BREAKING NEWS

Tak penuhi syarat program RUTHL, rumah Nuraini tak bisa diperbaiki

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG –  Nuraini (42) warga Kampung Jaletreng RT 03/03, Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) saat ini sedang viral karena diberitakan sejumlah media massa tinggal di rumah reot, yang katanya sudah ditempatinya lima tahun.

Namun, ternyata Nuraini sudah tidak tinggal lagi di rumah reot tersebut sejak 1.5 bulan yang lalu, sejak suaminya Rusdianto meninggal dunia.

Hal tersebut diungkapkan Nuraini saat ditemui di kontrakannya yang berada di belakang rumah reotnya, Rabu (23/9).

“Saya sudah tidak tinggal di rumah itu kurang lebih 1.5 bulan lalu, karena saya takut saat hujan, bocor dan lainnya, sehingga saya tidak tinggal di sana lagi. Saya kontrak di rumah keponakan laki-laki bernama Adam dengan membayar uang sewa Rp 500 ribu per bulan,” ungkap Nuraini sembari menunjukan rumah kontrakan yang ditempatinya saat ini.

Nuraini kemudian menjelaskan bahwa rumah reot sudah tidak ditempatinya lagi tersebut, sebenarnya berada di lahan milik Almarhumah mertuanya.

“Sebelumnya, kami sempat meminta kepada pihak terkait agar rumah tersebut dibangun melalui program perbaikan rumah umum tidak layak huni (RUTLH) oleh Pemerintah Kota Tangsel melalui Ketua Rukun Tetangga (RT). Namun surat-suratnya belum lengkap, karena ini tanah bukan milik saya melainkan Almarhumah ibu mertua saya, yang surat-suratnya pun masih jadi bagian dari tanah miliki keluaga besar suami saya dan bergirik leter C, suratnya pun masih dipegang adik suami saya, dan belum dipecah,” jelas Nuraini.

Meski dirinya tahu, kalau proses perbaikan rumah umum tidak layak huni (RUTLH) oleh Pemko Tangsel itu harus memiliki kelengkapan surat, namun dirinya meminta bantuan agar keluarga mereka bisa tinggal dirumah yang layak.

“Saya sekeluarga ingin tinggal di rumah yang layak, tidak di rumah reot, sehingga saya ngontrak, namun karena lahan rumah reot itu miliki Almarhumah mertua saya, saya masih berharap rumah tersebut dibangun agar kami tidak ngontrak lagi.” pintanya.

Nuraini kemudian menjelaskan, bahwa sebelum ia tinggal di rumah reot tersebut, dirinya pernah tinggal di rumah milik suaminya.” Dulu saya punya rumah sama suami, karena dijual oleh mertua, akhirnya saya tinggal di rumah reot milik mertua ini,” jelasnya.

Sementara itu,  Yudi Ketua RT 03/03 menjelaskan, bahwa pihaknya sudah mengajukan kepada Pemkot Tangsel untuk ikut program bedah rumah. Namun, dikarenakan kepemilikan tanahnya belum jelas, maka belum bisa diajukan hingga saat ini.

“Tanah tersebut milik keluarga suaminya dilahan 7.000 meter. Nuraini merupakan mantu, jika kita ingin mengajukan bedah rumah, harus ada persetujuan dari keluarga di atas materai, karena kita tidak mungkin mengusulkan pembangunan bedah rumah, jika lahan kepemilikannya tidak jelas, sehingga kami Ketua RT, Ketua RW meminta Nuraini dan keluarga untuk berunding, jika memang diperbolehkan dipakai lahannya untuk dibangun,”jelas Yudi.

Dia juga mengatakan, kalau dirinya tidak pernah menelantarkan warganya, buktinya Nuraini sekeluarga diberikan bebagai macam jenis bantuan dari pemerintah.

“Kalau untuk bantuan, Nurani dapat.. Tetapi kalau kartu KIS dari Dinas Sosial, mereka tidak dapat, karena mereka sebelumnya dari keluarga berada, punya rumah yang layak,”ungkapnya.

Bahkan, jika ada santuan anak yatim, anak ibu Nuraini pun dapat bantuan, cuma untuk bedah rumah belum bisa karena kepemilikan lahan yang belum jelas.

Tidak hanya mendapatkan bantuan dari Ketua RT, Sekcam Serpong Mamat memberikan bantuan berupa beras dan sembako.”Kita memberikan bantuan untuk mereka, namun untuk bedah rumah, kita terkendala karena status lahan yang bukan milik Nuraini,” jelas RT Yudi. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wali Kota Arief buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Radio Republik Indonesia

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah hadir sekaligus membuka acara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com