Hasil survei, Benyamin – Pilar masih unggul di Pilkada Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tinggal hitungan hari.  9 Desember 2020 nanti lebih dari 900 ribu lebih pemilih akan menggunakan hak konstitusionalnya untuk memilih pemimpin baru yang memimpin Tangsel dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Dari beberapa survei yang dilakukan oleh lembaga survei seperti Index Politika yang melakukan survei dengan cara tatap muka  lansung dengan metode multi stage  random sampling, dimana pengambilan datanya dilakukan sejak tanggal 2 sampai dengan 9 November 2020 dengan jumlah responden 800 dan margn error 3,46 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Index Political, Denny Charter, dari survei tersebut, pasangan Benyamin Davnie– Pilar Saga Ichsan meraih dukungan 38,92 perse, pasangan Muhamad – Rahayu Saraswati Djojohdikusumo 29,67 persen.

Dan, di bawah dua pasangan itu, lanjut Denny,  yaitu pasangan Nurazizah – Ruhamaben memperoleh dukungan 18,65 persen.

“Selain itu, masih ada 14,75 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya,”  ujar Denny dalam keterangan, Sabtu (14/11) lalu.

Denny Charter juga menjelaskan,  bahwa jelang hari pencoblosan praktik politik uang harus menjadi perhatian Bawaslu. Sebab, dari survei menunjukkan efektivitas politik uang di kota yang telah beberapa kali menggelar Pilkada ini mencapai 43 persen. Responden cenderung akan menerima dan memilih kandidat yang memberikan nominal uang paling besar.

Sedang untuk tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan wali Kota Tangsel sekarang, Direktur Riset Index Politica Fadhly Alimin menjelaskan, 78,61 persen masyarakat puas dengan kinerja Airin-Ben Davnie saat ini. ”Ada 21,39 persen responden yang menyatakan tidak puas,” tutur Fadhly.

Kepuasan tertinggi adalah dalam penanganan jalan sebesar 76,23 persen, masalah pendidikan 68,61 persen, dan penanganan masalah keamanan 65,91 persen.

Tingkat kepuasan terendah ada pada penanganan masalah pengangguran 19,16 persen, kepuasan terendah kedua adalah penanganan macet dan banjir 21,77 persen, dan kepuasan terendah ketiga adalah penanganan masalah kesehatan terutama penanganan Covid-19 sebesar 25,47 persen.

Terkait suvei Index Politica yang dilakukan di awal November ini, Presidium Jaringan Relawan Demokrasi (JaRed), Agus Suprianto menilai surveri tersebut telah melengkapi beberapa survei dari beberapa lembaga survei lainnya, yang hasilnya juga tidak jauh berbeda, dimana pasangan nomor urut 3, Benyamin Davnie – Pilar Saga Ichsan juga berada pada posisi teratas dibandingkan dengan dua pasangan lawannya, yaitu Muhamad – Rahayu Saraswati Djojohadikusomo, dengan nomor urut 1, dan Nurazizah – Ruhamaben pasangan nomor urut 2/

“Dari survei tersebut, Benyamin – Pilar masih tetap unggul. Keunggulan ini, harus tetap dipertahankan, dan ini harus tetap dipertahankan, sampai hari pelaksanaan pencoblosan, 9 Desember nanti,” kata Agus kepada suaratangerang.com, Selasa (17/11).

Tambah Agus, merujuk hasil survie Index Politica, masih ada potensi 14,75 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya, ini perlu juga digarap. “Karenanya, Benyamin – Pilar dan Timsesnya harus bekerja ekstra dan lebih ketat lagi, agar kemengan  dapat diraih dengan angka yang lebih baik lagi,” pungkas Agus.  (1st)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Debat kandidat Pilkada Tangsel: Semoga masyarakat tak salah pilih

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Kajian Politik Nasional  (KPN) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com