Manfaat vaksin dewasa pneumokokus yang wajib diketahui

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Penyakit yang memiliki angka kematian cukup tinggi dan termasuk dalam salah satu yang berbahaya adalah meningitis. Penyakit meningitis juga yang diyakini telah menyebabkan kematian penyanyi asal Ambon, Glenn Fredly. Meningitis atau radang selaput otak disebabkan oleh infeksi virus dan juga bakteri pneumokokus. Cara pencegahannya dengan pemberian vaksin pneumokokus.

Vaksin tersebut akan memberikan perlindungan pada tubuh dari infeksi bakteri pneumokokus. Perlu Anda ketahui bahwa bakteri tersebut menjadi penyebab penyakit mematikan yaitu pneumonia dan meningitis.

Manfaat Penting Vaksin Pneumokokus

Vaksin memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting dalam memberikan perlindungan kepada tubuh Anda. Begitu juga dengan vaksin pneumokokus yang bermanfaat untuk menjaga diri Anda dari infeksi bakteri penyebab pneumonia dan meningitis. Seperti kita ketahui bersama kedua jenis penyakit tersebut cukup berbahaya.

Kelompok orang yang paling rawan terkena infeksi bakteri pneumokokus adalah mereka yang usianya di bawah 5 tahun atau balita dan lansia di atas 50 tahun.

Beberapa kondisi gangguan kesehatan yang mungkin bisa terjadi akibat infeksi bakteri pneumokokus antara lain yaitu :

  1. Meningitis bakteri yang bisa memicu timbulnya komplikasi berupa kebutaan, kelumpuhan dan koma bahkan hingga kematian.
  2. Penyakit radang paru-paru atau pneumonia
  3. Otitis media yaitu terjadinya infeksi pada telinga bagian tengah yang akan menyebabkan pembengkakan, nyeri,sulit tidur dan demam.
  4. Bakteremia atau adanya bakteri di dalam darah.
  5. Infeksi sinus

Vaksin diperlukan untuk mencegah terjadinya komplikasi kesehatan seperti di atas karena seringkali infeksi tidak menimbulkan gejala. Munculnya gejala baru terjadi ketika infeksi sudah pada tingkat yang cukup parah.

Orang yang Dianjurkan untuk Vaksin Pneumokokus

Siapa sajakah yang sangat dianjurkan untuk melakukan vaksinasi pneumokokus atau di dalam bahasa medis disebut dengan PCV ini? PCV atau Pneumococcal Conjugate Vaccine merupakan salah satu vaksin yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Namun selain kepada anak di bawah 5 tahun dan lansia di atas 50 tahun, vaksin PCV sangat penting untuk diberikan kepada :

  1. Orang dengan tingkat imunitas rendah misalnya mereka yang melakukan kemoterapi atau pengidap HIV/AIDS.
  2. Orang dengan kelainan bawaan sejak lahir seperti jantung.
  3. Penderita penyakit kronis misalnya asma, ginjal, dan diabetes.
  4. Orang yang mempunyai kelainan darah seperti thalasemia.
  5. Memiliki riwayat tindakan bedah seperti operasi transplantasi organ.
  6. Orang yang mempunyai kebiasaan merokok.

 

Cara Kerja Vaksin Pneumokokus

Dilansir dari Kids Health, vaksin PCV ada 2 jenis yaitu PCV13 dan PCV23 yang keduanya aman diberikan kepada anak-anak maupun orang dewasa. Sedangkan menurut situs NHS, kedua jenis vaksin PCV tersebut bekerja dengan cara menstimulasi terbentuknya antibodi di dalam tubuh.

Antibodi itulah yang nantinya akan menjadi benteng pertahanan dalam menghadapi serangan bakteri pneumokokus. Dengan begitu tubuh tidak akan terinfeksi serta terhindar dari penyakit meningitis maupun pneumonia serta komplikasi lainnya.

Apakah sebenarnya yang disebut dengan antibodi tersebut? Antibodi yaitu senyawa protein yang diproduksi tubuh dan berfungsi untuk menetralisir serta menghancurkan organisme pembawa racun. Antibodi bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari infeksi virus dan bakteri pembawa penyakit.

Bakteri  pneumokokus hingga saat ini jumlahnya sudah lebih dari 90 jenis yang berbeda. Meskipun begitu memang tidak semuanya menyebabkan infeksi pada tubuh kita.

Sebelum terlambat dan menjadi masalah kesehatan yang serius memang sebaiknya Anda segera melakukan vaksin pneumokokus. Lakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter Anda untuk memastikan kapan waktu yang tepat serta kondisi yang aman.

Bagi yang tinggal di Surabaya, Anda juga bisa berkonsultasi terkait dengan vaksin Surabaya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dapatkan solusi dari berbagai masalah kesehatan mulai dari obat hingga penyakit berbahaya di Halodoc. Aplikasi Halodoc tersedia dan bisa Anda unduh di Apps Store ataupun Playstore. (1st/psp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menkes hapus aturan vaksinasi berbayar

Jakarta, SUARA TANGERANG – Menteri Kesehatan (Menkses) Budi Gunadi Sadikin menghapus aturan tentang pelaksanaan vaksinasi ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com