KKN di Banksasuci, mahasiswa UMT wujudkan Cirarab bebas sampah

Tangerang, SUARA TANGERANG – Bentuk pengabdian pada masyarakat, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mengambil tempat praktik di Bank Sampah Sungai Cirarab (Banksasuci), Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang.

Ketua Banksasuci Foundation, Ade Yunus menjelaskan bahwa salah satu program yang menjadi unggulan di Banksasuci Cirarab  adalah bank sampah, memiliki tujuan untuk merubah perilaku dan kebiasaan masyarakat yang biasa membuang sampahnya ke sungai.

“Dasar pemikiran bank sampah sebetulnya bagaimana melakukan perubahan perilaku pada masyarakat, yang tadinya sampahnya dicampur dan dibuang sembarangan, kini di pilah dan ditabung,” jelas Kang Ade, sapaan akrab Ade Yunus. Selasa, (9/02).

Kang Ade berharap dengan kehadiran mahasiswa KKN dari UMT dapat membantu mensosialisasikan dan mengkampanyekan bank sampah agar masyarakat minat untuk menjadi nasabah.

“Kami bersyukur menjadi lokasi KKN Rekan-rekan UMT, semoga terjalin sinergi mutualisme dan memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat, khususnya dalam meminimalisir sampah yang dibuang ke Sungai Cirarab,” Tambahnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa UMT, Agung merasa tertantang KKN di Banksasuci Cirarab karena bukan hanya pengalaman yang didapat tetapi juga merasakan perjuangan para volunteer atau relawan Banksasuci yang berjibaku dengan sampah.

“Saya merasa haru dan bangga menjadi bagian dari kegiatan Banksasuci, siapa yang ga kenal sama Banksasuci? Program dan kegiatannya luar biasa menyentuh dan dirasakan langsung perubahan ya,” ungkap Agung.

Mahasiswa UMT lainya, Dilah, merasa bersemangat untuk membantu mengkampanyekan bank sampah di Kecamatan Sukadiri.

“Kami semua exited dan merasa bersemangat, karena kegiatan di Banksasuci dalam melakukan perubahan perilaku pada masyarakat, tanpa banyak bicara tapi banyak aksi, baru berapa hari saja kami sudah banyak mendapat ilmu tentang sampah,” tuturnya.

Untuk diketahui, program KKN mahasiswa UMT di Kecamatan Sukadiri akan berlangsung selama satu bulan ke depan. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiadakan mudik, Pemkot Tangerang wajibkan SIKM bagi masyarakat yang keluar kota

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang secara resmi mengeluarkan aturan bagi masyarakat ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com