Hadiri pengambilan sample donor plasma darah, Airin: Pernah terpapar Covid-19 bisa berikan manfaat

Kota Tangel, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangel), pada Kami (18/2/21) kemarin menerima donor plasma darah dari Polres Kota Tangsel yang berkerjasama dengan Kodim 0506 Tangerang Raya. Plasma darah ini disumbang langsung oleh aparat yang pernah terpapar oleh Covid-19.

Wali Kota Tangel, Airin Rachmi Diany yang hadir dalam acara pengambilan sample donor plasma darah konvalesen Covid-19 di Aula Lt 4 Polre Tangsel tersebut menjelaskan bahwa saat ini Tangsel memang sedang membutuhkan pasokan plasma darah dari pendonor yang pernah terpapar Covid-19.  “Plasma darah yang didonorkan ini nantinya akan diberikan kepada pasien Covid-19 yang membutuhkan,” jelas Airin.

Dalam situasi saat ini, kata Airin, dirinya menyadari bahwa masyarakat yang pernah terpapar Covid-19 seakan menyembunyikan pengalamannya. Karena adanya intimidasi dari masyarakat mengenai wabah ini. Padahal faktanya bahwa orang yang sudah keluar dari isolasi sudah terbebas dari virus.

”Jadi janganlah disembunyikan. Kita justru butuh data itu. Karena memang kebutuhan plasma darah dari pasien yang sedang dalam pengobatan, berasal dari masyarakat yang pernah terpapar,” ujar Wali Kota Tangsel yang selama dua periode kepemimpinannya ini corcen dengan masalah kesehatan dari masyarakat yang dipimpinnya.

Airin juga menambahkan dengan adanya kegiatan donor plasma darah ini, bisa mengedukasi masyarakat bahwa sebagai orang yang pernah terpapar Covid-19 bisa juga memberikan manfaat bagi pasien yang masih menjalani masa pengobatan.

Sementara, Wakapolres Tangsel Kompol Stefanus Lukito menjelaskan bahwa kegiatan donor plasma darah ini juga didukung oleh Kodim 0506 Tangerang . “Kegiatan ini didasari akan banyaknya kebutuhan plasma darah oleh pasien Covid-19,” kata Lukito.

Kompol Lukito pun menjelaskan, bahwa sejak bulan Maret 2020 lalu, sebanyak 90 aparat terpapar Covid-19 dan sudah dinyatakan bebas covid. Sehingga saat ini akan menyumbangkan plasma darahnya kepada Pemkot Tangsel.

”Jadi rekan-rekan kami yang sudah terpapar kami minta untuk donorkan plasma darahnya saat ini,” kata Lukikot yang menambahkan bahwa kegiatan ini bisa menginspirasi sekaligu mengedukasi masyarakat bahwa, yang pernah terpapar Covid itu bukan aib namun bisa menjadi sumber manfaat dan dapat membantu pengobatan pasien Covid-19 yang tengah menjalani pengobatan. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cegah TPA Cipeucang longsor kembali, Aktivis beri warning Pemkot Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Sejumlah Aktivis Lingkungan yang tergabung dalam Koalisi Aktivis Lingkungan Tangerang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com